Home / Polri / 20.000 Pendekar Ramaikan Festival Budaya Bandrong Di Serang

20.000 Pendekar Ramaikan Festival Budaya Bandrong Di Serang

VIRALREPORTER5.COM, BANTEN |  Festival Bandrong  yang diadakan di  Banten, lebih kurang 20.000 pendekar dari berbagai wilayah di Banten menghadiri festival tersebut, Minggu (22/12/19).

Seperti informasi yang diterima, Walikota Serang H. Syafrudin beserta anggota Bandrong sebelumnya melaksanakan ziarah di Terumbu Kecamatan Kasemen Kota Serang, dilanjutkan ke Banten Lama.

Baca juga :   Koramil Tipe B 0808/02 Garum Laksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

“Bandrong merupakan warisan leluhur asli Banten yang sudah ada sejak zaman Kesultanan, maka masyarakat Kota Serang harus melestarikan warisan tersebut.”jelas Walikota Serang.

Ditambahkannya, “budaya Bandrong adalah budaya asli Banten, kalau kita sudah berbicara asli Banten. Karena itu budaya ini harus dilestarikan dan dikembangkan.

Tentang lambangnya, H. Syafrudin yang juga Ketua Umum DPP Bandrong Banten Indonesia mengatakan, lambang Perguruan pencak silat Bandrong diambil dari ikan bandrong. Ikannya memiliki moncong tajam dan bisa melompat jauh,. Hal ini yang melatarbelakangi ketika Kesultanan Banten menghadapi bajak laut di Teluk Banten, Selat Sunda dan Sunda Kelapa.

Baca juga :   Dandim 0808/Blitar Dampingi Danrem 081/DSJ Cek Posko penanganan Covid-19 dan Rumah Singgah Pemudik Di Blitar

“Pesilat-pesilat ini loncat dari kapal ke kapal, dan bertarung sehingga mendapat kemenangan besar,”jelasnya.

Alhamdulillah Festival Bandrong 2019 berlangsung sukses dan lancar, terima kasih kepada seluruh panitia, para ulama, masyarakat, kepala daerah atau yang mewakili, dan seluruh DPP, DPW, DPD Perguruan Pencak Silat Bandrong Banten Indonesia yang telah mensukseskan acara tersebut. (VR5/*)

Baca juga :   Dandim 0506/Tgr Tinjau Komplek Kodim

About admin

Check Also

FPI Berafiliasi dan Berbaiat Kepada ISIS

Viralreporter5.com,  Jakarta- Pada Kamis (4/2/2021) beberapa waktu lalu sebanyak 26 terduga teroris di Makassar, Sulawesi Selatan, …