Home / Polri / Airin Lantik FKUB Periode 2019-2024. Fachruddin Zuhri : Ikhtiar Jaga Persatuan Dan Kerukunan Umat Beragama

Airin Lantik FKUB Periode 2019-2024. Fachruddin Zuhri : Ikhtiar Jaga Persatuan Dan Kerukunan Umat Beragama

Tangerang Selatan, viralreporter5.com | Walikota Tangerang Selatan Hj Airin Rahmi Diany, melantik Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tangerang Selatan Drs. H. Fachruddin Zuhri, M.Si bersama 16 orang Pengurus Harian lainnya, periode 2019-2024 bertempat di Blandongan, Puspemkot Tangerang Selatan, Jum’at (10/07/20).

Pelantikan kepengurusan FKUB Tangerang Selatan juga dihadiri Wakil Walikota Drs. Benyamien Davnie, Asda I DR.H.Rahmat Salam, M.Si, Kepala Kantor Kemenag H. Abdul Rojak S.Ag. MA, Kepala Badan Kesbangpol Drs  H. Wawang Kusdaya, M.Si, Dandim 0506/Tgr diwakili Pasiter,  Kapolres Tangerang Selatan diwakili Waka Polres Kompol Luckito AW, SH.S.IK, Kwjari Tangerang Selatan diwakili Pasitel Taufik, SH, MH dan unsur pejabat lingkungan Pemkot.

Berdasarkan PBM Peraturan Bersama Menteri (PBM) Agama dan Menteri Dalam Negeri, Nomor: 9 dan 8 Tahun 2006, secara Ex Officio Wanhat FKUB terdiri:
• Ketua : Wakil Walikota Ketua,
• Wakil Ketua : Kepala Kantor Kemenag,
• Sekretaris : Kepala Badan Kesbangpol,
• Anggota :
– Dandim 0506/Tgr,
– Kapolres Tangerang Selatan,
– Kejari Tangerang Selatan,
– Kadis Duckcapil,
– Kasatpol PP,
– Kabag Hukum,
– Kabag Umum,  dan
– Protokol.

Walikota Tangerang Selatan Hj Airin Rahmi Diany, meminta para pengurus FKUB Tangerang Selatan yang terpilih agar menjadi jembatan pemersatu masyarakat antara umat beragama yang ada di kota Tangerang Selatan untuk saling menghargai dan menghormati serta hidup rukun dan damai.

Baca juga :   Pakaian Adat Warnai Upacara Sumpah Pemuda Ke 91 Kota Tangsel, H Benyamien Danvie Bangga Kenakan Pakaian Puak Pakpak Dairi

“Saya selalu menyampaikan kepada masyarakat, dalam menjalankan ibadahnya, harus dengan penuh ketenangan, kekhimatan, sesuai dengan agamanya masing-masing,” ucap Airin.

Sebagai Pemerintah, Airin memastikan bersama seluruh Forkopimda akan terus memfasilitasi semua kebutuhan masyarakat dalam beribadah.
Airin berharapa FKUB Tengerang Selatan dengan kepengurusan yang baru dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Sementara itu, Drs. H. Fachruddin Zuhri, M.Si Ketua FKUB Tangerang Selatan Ketua terpilih periode 2019 – 2020 , saat ditemui media menjelaskan,  sebagai organisasi, FKUB merupakan salah satu institusi yang menerjemahkan ikhtiar agar persatuan terjaga dan berkembang.

“Perbedaan latar belakang itu bawaan, tapi persatuan kebersamaan kerukunan itu hasil usaha. Inilah yang akan kita lakukan dengan kepengurusan yang baru ,” kata Fahrudin kepada media, Sabtu (11/07/20) di kantor sekretariat di wilayah Pamulang.

Menurut Fachruddin, keunikan Tangerang Selatan bukan hanya dari keberagamannya, tetapi juga upaya untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan untuk bersama- sama membangun Kota Tangerang Selatan.

Baca juga :   Pos Ninatie Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY Gelar Patroli Simpatik

Ia menyebut, keberagaman merupakan bawaan yang tak mungkin dihindari. “Kita terlahir dan besar berasal dari berbagai identitas, tetapi kalau kita bersatu tanpa melihat dari sisi perbedaan agama maka apapun permasalahan semakin ringan untuk dipikul dengan kebersamaan tadi.

Selain itu, Fachruddin juga menjelaskan,  FKUB Tangerang Selatan di periode sebelumnya terus dan berupaya membangun komunikasi dan interaksi di tengah-tengah masyarakat. Ini kita lakukan supaya tercipta kepercayaan semua unsur agama yang ada di Tangerang Selatan.

“Kepengurusan periode 2019 – 2024, yang dilantik oleh Ibu Walikota Airin,  kami seluruh pengurus yang ada didalamnya bersepakat dan berkumpul dalam organisasi untuk tujuan mulia, yaitu membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk mewujudkan kerukunan dan kesejahteraan umat beragama,” ucapnya.

Untuk diketahui, kata Fachruddin didalam FKUB terdiri dari berbagai unsur agama, yaitu Islam, Nasrani, Budha, Hindu dan Khonghucu.

Sosok Ketua FKUB Tangerang Selatan

Kalangan jurnalis dan pelaku orang lebih mengenalnya dan menyapa Bang FZ. Sosok yang pernah menjadi aktivis Cipasera ini, pernah berkecimpung di HIPSI (Himpunan Insan PERS Seluruh Indonesia).

Sebagai aktivis semua lini, beliau juga akademisi yang pernah memduduki posisi sebagai Kepala Humas, Pudek III dan Purek III di  salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkenal di Jakarta.

Baca juga :   Kapendam XII : Gagalkan Penyelundupan 5 Kg Sabu, Satgas Pamtas Yonif 642 Amankan PMI Ilegal

Melihat akademik dan perjalanannya,Bang FZ wajar diberi kepercayaan menjadi Ketua FKUB oleh Walikota Tangerang Selatan.
Sejak tahun 2009-2019 atau sepuluh tahun sudah, Bang FZ sosok penggiat kerukunan dengan posisi Sekretaris FKUB. Bahkan beliau termasuk salah satu Tim Perumus Motto Tangerang Selatan  yaitu,  Cerdas, Modern, Religius.

Kata Religius inilah yang harus diimplementasikan dan dikawal melalui organisasi FKUB sehingga tercipta kerukunan antar umat beragama khususnya di Kota Tangerang Selatan.

Dengan kerja keras tanpa kenal lelah, Bang FZ terus membina hubungan baik di antara umat beragama selama menjadi sekretaris FKUB Tangerang Selatan. Akhirnya beliau diminta majelis – majelis Ke-Agamaan yang ada di Kota Tangerang Selatan untuk  menjadi Ketua FKUB sehingga terpilih untuk masa bakti 2019-2024. Ini periode pertama Bang FZ sebagai Ketua FKUB Kota Tangerang Selatan.

Semoga dibawah kepemimpinan Bang FZ  mampu mengemban amanah mulia dan menunjukkan eksistensinya menjaga kerukunan umat beragama untuk hidup rukun dan damai. (vr5/* Lingga /dina)

About admin

Check Also

Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Satgas Yonif 403/WP Bersama Masyarakat Bersihkan dan Rapihkan Lingkungan Sekolah di Perbatasan Papua

Viralreporter5.com, Keerom – Dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kalimo …