oleh

Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil 03/Kaway XVl Cek Debit Air Sungai Krung Meureubo

-TNI-93 views

Viralreporter5.com, Aceh Barat – Tingginya curah hujan beberapa pekan terakhir yang mengguyur wilayah di Aceh Barat, membuat Babinsa Koramil 03/Kaway XVl Kodim 0105/Abar Serda Anton harus selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam terutama banjir dengan mengajak Aparat Desa untuk mengecek volume air Sungai yang melintasi Desa Perlimbungan Kecamatan Kaway XVl, Senin (13/12/2021).

Babinsa sebagai Pembina Desa dituntut untuk bertindak tanggap dan sigap dalam situasi kondisi apapaun guna memberikan segala daya dan upayanya untuk mengantisipasi kejadian – kejadian yang tidak diinginkan, terutama di wilayah binaannya saat musim penghujan.

Seperti yang di lakukan oleh salah satu Babinsa Koramil 03/Kaway XVl Serda Anto, melaksanakan pengecekan dan pemantauan perkembangan kondisi debit air Sungai atau Krueng Meureubo yang berada dekat pemukiman masyarakat yakni Desa Perlimbungan.

Serda Anton sendiri mengungkapkan, sebagai seorang Babinsa dirinya harus bisa memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada warga binaannya. Layaknya dengan mengantisipasi setiap kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi di wilayah. Seperti halnya bencana alam berupa banjir, mengingat hujan akhir – akhir ini sering terjadi dan tidak dapat diprediksi intensitasnya.

Pantauan di lapangan, dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh Babinsa mendapatkan hasil bahwa untuk ketinggian debit air Sungai saat ini masih normal dan dalam kategori aman. Namun Babinsa terus memantau dan menghimbau masyarakat untuk tetap waspada manakala air bisa meluap sewaktu – waktu.

“Hujan terjadi kapan saja dan tidak menutup kemungkinan banjirpun bisa datang tiba – tiba. Oleh sebab itu, Kami bersama Aparat Desa menghimbau kepada seluruh warga terutama yang tinggal dekat bantaran Sungai untuk selalu berhati – hati serta waspada. Setiap warga harus selalu siap siaga kapan saja, bila melihat debit air Sungai mendadak makin tinggi, segera menyelamatkan diri dan barang – barang berharga ke tempat yang lebih aman. Namun tetap perhatikan faktor keamanan dan yang terpenting jangan panik”, pesan Serda Anton. (vr5@2021)