Apresiasi Dukungan Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangsel. H Benyamien Davnie : “Ada 5 Kualitas Pemimpin Harapan Masyarakat”

VIRALREPORTER5.COM, TANGERANG SELATAN | Pada Pilkada 2020 Kota Tangerang Selatan  sudah ramai dengan sederatan nama-nama balon Walikota/Wakil Wlikota dari berbagai latarbelakang pengalaman dan jabatan. Ini menandakan alam demokrasi di Kota Tangsel yang berpenduduk heterogen dan terkenal dengan Cerdas, Modren, Religius nya semakin mengeluarkan aroma harum.

Salah satu kandidat adalah H Benyamien Davnie yang saat ini masih menjabat Wakil Walikota Tangerang Selatan mendampingi Walikota Hj Airin Rahmi Diany selama dua periode kepada media mengatakan, ikut bertarung di Pilkada 2020 Kota Tangsel.

Ia mengatakan dirinya ikut bertarung di Pilkada Tangerang Selatan karena dorongan kuat dari masyarakat yang ada di 7 Kecamatan dan 54 kelurahan yang ada di Tangsel. Hal inilah yang mendasari untuk maju di Pilkada 2020. Selain adanya rasa tanggung jawab moral, Ia harus membawa aspirasi dan keinginan masyarakat agar pembangunan di Kota Tangerang Selatan dapat berkelanjutan dan berkesinambungan.

Tentunya Pilkada Serentak tahun 2020 merupakan momen untuk menentukan/memilih siapa pemimpin mereka untuk lima tahun kedepan. Baik rakyat kecil hingga masyarakat elit menaruh banyak harapan terhadap pemimpin terpilih nantinya, termasuk Kota Tangerang Selatan yang jumlah penduduk 1,6 juta jiwa.”ujarnya.

Baca juga :   Meriahkan HUT ke-75 TNI, Tim Gowes Ojo Kendor Blusukan Keliling Nganjuk
Insert. Saat H Benyamien Davnie mendaftarkan diri ke DPD PAN Kota Tangsel yang diterima langsung oleh Ketua DPD PAN Kota Tangsel Zulfahmi Harahap, Selasa (22/10/19) untuk pencalonan Walikota/Wakil Walikota Tangerang Selatan. 

Namun ditengah masyarakat muncul pertanyaan diantaranya,
Apakah calon/kandidat yang maju di Pilkada 2020 Kota Tangsel saat ini cocok menjadi pemimpin kedepannya? Bagaimana ideal pemimpin harapan rakyat ?

Bagaimana menyikapi munculnya jargon, ide, visi dan misi dari setiap kandidat untuk menarik simpati pemilih sehingga memenangkan pertarungan menunju Kursi Wakllikota Tangerang Selatan ?

Kepada media viralreporter5.com, Selasa (22/10/19), Wakil Walikota Tangerang Selatan H Benyamien Davnie mengatakan, keberadaan pemimpin dalam sebuah tataran masyarakat atau kehidupan bersama adalah suatu yang sangat dibutuhkan sekaligus urgen. Sosok pemimpin sangatlah penting dan sentral bagi masyarakat yang menjadi kebutuhan yang tidak dapat diabaikan (sine qua non) dalam kehidupan sebuah daerah dan bangsa.

Dijelaskan H Benyamien Davmie,  bahwa pemimpin adalah orang-orang baik yang terpercaya dan siap memimpin tanpa “do ut des” atau memberi untuk menerima. Sosok pribadi yang beradab dan keutamaannya adalah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
Pemimpin bukan sekadar orang yang pandai berkecimpung di lingkungan pemerintahan semata, tetapi lebih luas adalah bersama dan turun langsung ditengah-tengah masyarakat, mengetahui bagaimana sesungguhnya kondisi dan keadaan masyarakatnya.

Baca juga :   Dandim Aceh Barat Perkuat Mentalitas Pemuda MPTT - 1 Agar Lebih Berkarakter lslami

Artinya, ia tidak hanya diam dan menjadi penonton dalam situasi apapun dengan kondisi masyarakatnya, tetapi mengalaminya secara langsung, karena dipilih  masyarakat bukan untuk menjadi penguasa atau atasan melainkan untuk mengayomi rakyat menuju bonum commune.

Itulah peran-peran yang semestinya dijalankan ketika menerima kepercayaan dari masyarakat, menjadi pemimpin harus baik dan jujur dimata masyarakat. Itu adalah tugas mulia. Mengutamakan kepentingan bonum commune daripada kepentingan pribadi.

Dan sosok pemimpin,  jangan terhipnotis dengan kekuasaan dan kepentingan pribadi, sebab pemimpin yang bijak harus beranjak untuk selalu turun langsung dan mendengar masyarakatnya terlebih sebelum mengambil keputusan dan kebijakan.

Jangan menjungkir balikkan makna dan fungsi pemimpin yang sebenarnya. Artinya pemimpin bukan secara superfisial sebagai penguasa semata tetapi pemimpin seharusnya menyentuh dasar pemaknaan seorang pemimpin masyarakat. Seringkali kita mendengar “pemimpin tetaplah penguasa dan pemenang, sedangkan rakyat adalah ketiadaan;” yang melebur dalam hawa nafsu, hedonis dan narsistik (cinta diri) mereka sendiri sehingga masyarakat mengalami krisis kepemimpinan dan kepercayaan.

Baca juga :   Babinsa Koramil 06/Muara Komsos Di Wilayah Binaan. Sosialisasikan Disiplin Protokol Kesehatan

Ada 5 Kualitas Sosok Pemimpin

Dikatakan H Benyamien Davnie,  sosok pemimpin seharusnya memiliki lima Kualitas seperti,
1. Kualitas animator, kemampuan memberi semangat dan mengayomi masyarakatnya untuk kebaikan bersama (bonum commune).

2. Kualitas inovator, memiliki jiwa inovasi dengan sejumlah program dan kebijakan yang mendorong ke arah perubahan yang lebih baik.

3. Kualitas reformator, memiliki karakter pemimpin reformator (perubahan).

4. Kualitas Karimastik, memiliki pengaruh terhadap masyarakat sehingga mendorong masyarakat mencapai tujuan yang positif.

5.Kualitas Partisipatif, hadir dan ada bersama masyarakatnya, dengan mengikuti irama hidup secara aktif ditengah masyarakatnya.

Dikatakan H Benyamien Davnie,  popularitas tanpa kualitas adalah bentuk pemalsuan diri. Jadi, pemimpin merupakan sosok kepribadian yang memiliki kualitas dan kecakapan serta aura yang menggerakkan orang lain untuk tujuan bersama tanpa tabur pesona dirinya.

Inilah yang diharapkan masyarakat khususnya Kota Tangerang Selatan dengan figur pemimpin yang dapat dipercaya dan memiliki kualitas dalam dirinya. Maksudnya,kata H Benyamien Davnie bahwa sosok pemimpin harus mampu mengambil kebijakan dan menghayati semua makna atau dimensi pemimpin sebagai utusan masyarakat.

Selain itu, pemimpin harus memiliki integritas diri, tetap sederhana dengan meningkatkan kualitas dengan tindakan nyata. Dengan kata lain, pemimpin harus talk dan Act, bukan masuk barisan No Action Talk Only alias NATO. Itulah pemimpin sejati.(VR5)

Check Also

Bentuk Postur Tubuh Ideal, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Ajak Anak-anak Latihan Raider Fit

Viralreporter5.com, Keerom-Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Pos Yamara membangkitkan semangat pemuda Papua di Kampung Yanemyo, …