oleh

Babinsa Kelurahan Pegangsaan Sosialisasi Pancasila di Sekolah TK Indera

-TNI-247 views

Jakarta Pusat, VIRALREPORTER5.COM –  Babinsa Kelurahan Pegangsaan Serka Beny, Serda Istaman dan Serda Niko melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan di kampung Pancasila berupa penanaman nilain Pancasila, pembagian masker dan himbauan Prokes kepada Murid TK Indera yang berada di Kampung Pancasila RW 02 Kelurahan Pegangsaan, tepatnya Jl. Borobudur No 9 RT 09/ RW 02 Kecamatan Menteng.(7/2/22)

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang harus tertanam betul dalam hati setiap warga negara. Nilai – nilai luhur Pancasila menjadi pondasi dalam diri setiap anak agar kelak ketika anak itu dewasa, mereka memiliki karakter kebangsaan yang kuat..
Pemahaman nilai – nilai yang ada dalam Pancasila berwal dari pendidikan dasar.

Terpisah Danramil 01/Menteng Mayor Inf Endra Krismanto, S.Pd mengatakan, “Penanaman nilai luhur Pancasila dapat dilakukan sejak usia dini. Usia dini menjadi waktu yang tepat untuk mulai menanamkan nilai-nilai Pancasila agar beranjak dewasa anak telah dibekali nilai luhur kebangsaan”, jelas Danramil.

“Menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini akan lebih mudah tertanam dalam hati dan benak anak dengan baik. Anak – anak usia dini yang masih berada dalam usia emas akan sangat mudah menangkap dan mempraktikan suatu hal. Oleh karena itu wajib bagi setiap orang tua mengenal nilai Pancasila dalam keseharian anak”, tambah Danramil.

Menanamkan dan membuat anak usia dini paham akan nilai – nilai luhur Pancasila memang bukan hal yang mudah. Anak usia dini tentu belum bisa memahami apa itu Pancasila jika kita hanya menjelaskan secara teori. Akan tetapi, mereka bisa mulai mengenal Pancasila melalui aktivitas sehari – hari. Untuk itu perlu kepedulian dan teladan para orang tua dan pendidik.(@2022)