Home / Politik / “Bangkitkan Solidaritas”, PSI Banten: Berikan Informasi Jelas Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

“Bangkitkan Solidaritas”, PSI Banten: Berikan Informasi Jelas Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Viralreporter5.com, Tangerang –
Sebagaimana diketahui bahwa dimasa pandemi COVID-19, seluruh masyarakat merasakan kecemasan diberbagai aspek termasuk memberikan dampak perekonomian masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga membutuhkan informasi yang sesungguhnya dan transparan, sehingga tidak termakan informasi-informasi yang menimbulkan kekuatiran dan keresahan di tengah masyarakat dalam menyikapi kondisi saat ini.

Masyarakat harus diberikan informasi yang akurat yang dapat menumbuhkan semangat yang kuat dalam menyikapi situasi saat ini. Menumbuhkan kepercayaan dan rasa tenang, salah satunya dengan memberikan informasi yang dapat dipahami dan dimengerti serta dapat dipertanggung jawabkan.

Hal inilah yang dijelaskan anggota DPRD Prov Banten Maretta Dian Arthanti kepada media, Rabu (28/07/2021), saat ditanya bagaimana penyampaian informasi yang baik untuk tidak disalah persepsikan oleh masyarakat.

Baca juga :   Waspadai Turbulensi Politik di Kabinet Jokowi Tahun 2022

Disela kesibukannya sebagai anggota DPRD Prov Banten, Maretta Dian Arthanti dikatakannya bahwa penyampaian informasi tentu sangat memberikan pengaruh untuk menciptakan rasa tenang maupun membangkitkan rasa solidaritas sesama.

” Penyajian data harus memiliki standar agar nantinya data dapat dibaca, diartikan, disimpulkan dan akhirnya untuk mengambil keputusan penting atau kebijakan yang tepat terhadap masyarakat.” jelasnya.

Harapannya data dapat disampaikan ke publik secara lengkap dan detail sehingga masyarakat juga bisa berpartisipasi memberikan kontribusi sesuai peran dan kemampuannya. Demikian juga sebaliknya, masyarakat pun harus terbuka untuk menyampaikan informasi kepada pemerintah.

Baca juga :   TNI AL, Puspenerbal Kembali Gelar Vaksinasi Masyarakat Maritim di Terminal 2 Bandara Juanda

Menurut Maretta, ditengah situasi seperti ini, masyarakat perlu mendapatkan informasi yang valid dan jelas, bukan HOAX.

” Disinilah peran penting pemerintah harus mampu mengantisipasi informasi yang kurang jelas, sehingga tidak memicu munculnya berita – berita Hoax yang seringkali menggiring opini dan menumbuhkan keresahan masyarakat kita.” jelasnya.

Dikatakan politisi PSI ini, kalau diperhatikan Data update COVID-19 yang disampaikan Pemkot Tangsel dirasakan masih kurang mengakomodir hal tersebut. Ini tidak terlepas masih lemahnya fungsi koordinasi dari Provinsi. Karena kelengkapan data juga pasti dibutuhkan oleh Propinsi, selanjutnya diteruskan ke Pusat.

Baca juga :   Boni Hargens : Konsekuensi RUU BPIP Sitinjau Dari Aspek Politik

” Oleh karena itu, kata Maretta, PSI akan terus mendorong ada keterbukaan informasi untuk masyarakat. Saya minta peran Provinsi Banten untuk menstandarkan informasi data ke masyarakat sehingga ada keseragaman standar penyampaian informasi kepada masyarakat, yang nantinya bisa berguna untuk membangun peran dan kontribusi bersama masyarakat juga.” ujar Maretta.

” Kita juga berharap, masyarakat semakin bijak dan jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas dan kurang akurat dalam menyikapi pendemi ini. Mari bersama kita lawan Covid-19 dengan menumbuhkan semangat solidaritas sesama anak bangsa. “pungkas Maretta. (vr5@2021/lingga)

Share this

About admin

Check Also

Megawati Pegang Tiket PDI Perjuangan Untuk Maju di Pilpres 2024

Viralreporter5.com, Bandung – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri adalah pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan …