Benyamin Davnie Hadiri Hari Jadi Sanggar Rawang Ke-2, Begini Katanya

Tangerang Selatan, viralreporter5.com | Hari ini kita mengadakan acara untuk kampung kita sendiri, yaitu selamatan Kampung Budaya Akasia dan untuk memperingati hari jadi Sanggar Rawang Jalan Enam Pengasinan ke-2.

Hal ini disampaikan oleh ketua Sanggar Rawang Bang Rhidom, saat merayakan hari jadi Sanggar Rawang Jalan Enam Pengasinan yang ke-2, Minggu (26/01/20).

Kegiatan selamatan kampung budaya akasia dan hari jadi Sanggar Rawang Jalan Enam Pengasinan ke-2, diikuti oleh warga sekitar RW 18, dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari berbagai perguruan silat. Kegiatan ini sekaligus dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan seni silat tradisi.

“Kami mengadakan selamatan masal ditengah lapangan Akasia yang terdiri dari satu Rukun Warga (RW 18) RT 1, 2 dan 3, dan sebagai simbolisnya yaitu nasi tumpeng dan sedekah bumi”, ujarnya.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, mengatakan “Pembangunan yang benar dan berhasil itu adalah pembangunan yang tidak tercabut dari akar budayanya. Oleh karena itu, bukan saja pembangunan harus melestarikan budaya, tetapi pembangunan juga harus bisa memperkaya budaya-budaya yang ada sesuai dengan tuntutan pembangunan, tuntutan perkembangan zaman”.

Pemerintah Kota Tangsel sangat mendorong pelestarian budaya-budaya yang ada ditengah-tengah masyarakat, seperti halnya sanggar rawang yang merupakan elemen sekaligus aset penting Kota Tangsel dalam melestarikan dan menjaga budaya betawi.

“Sanggar Rawang ini adalah salah satu elemen dan salah satu aset di Kota Tangsel untuk menjaga budaya betawi. Budaya tadi bukan hanya milik kita, tetapi harus kita turunkan kepada generasi-generasi berikutnya”, ujarnya.

Adanya pengaruh budaya asing dan kemajuan teknologi jangan sampai mengalahkan budaya asli Indonesia, yaitu budaya yang bersumber dari Pancasila, sehingga budaya asli Indonesia harus terus dilestarikan dan ditingkatkan.

Hal ini senada diungkapkan oleh Benyamin “Pengaruh dari budaya barat dan budaya teknologi ini bisa diatasi, apabila budaya-budaya asli kita, budaya Indonesia yang bersumber dari Pancasila bisa kita lestarikan dan bisa kita tingkatkan terus”.

Pemerintah Kota Tangsel akan terus melaksanakan pembangunan yang seimbang, yaitu pembangunan fisik dan pembangunan mental, termasuk didalamanya pembangunan- pembangunan yang bersifat kebudayaan bagi masyarakat. Sehingga diperlukan bantuan dari tokoh-tokoh budaya dan tokoh-tokoh lainnya.

“Pemerintah Kota Tangsel tidak dapat bergerak banyak tanpa bantuan daripada seluruh tokoh-tokoh budaya silat, serta tokoh-tokoh lain yang ada di kampung kita” tambahnya. (VR5/* Abdul)

Check Also

Serka Suyanto Bantu Petani Tanam Padi Sukseskan Ketahanan Pangan

Barabai, viralreporter5.com |Dalam rangka menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional, Pemerintah di berbagai daerah dan wilayah …