oleh

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih Buka TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0729/Bantul

-TNI-67 views

Kodim0729bantul.com – Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Dandim 0729/Bantul secara resmi membuka pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0729/Bantul yang dilaksanakan secara sederhana di Komplek Wisata Sejarah Goa Selarong, Pajangan, Bantul. Rabu (11/5/22).

Program TMMD telah terbukti memberikan manfaatan bagi masyarakat Bantul berupa sinergitas pola hubungan antara tni dan masyarakat dalam membangun desa. Selain itu TMMD juga merupakan wadah yang mengakomodasi aspirasi masyarakat sehingga masyarakat semakin termotivasi dan percaya diri mendayagunakan setiap potensi yang ada di sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyampaikan Keberadaan TMMD telah berhasil menjaga dan memperkuat serta menumbuhkan kearifan lokal maupun nilai luhur bangsa kita, yakni gotong royong. “Gotong royong sebagai saripati nilai – nilai Pancasila dan esensi kultur social budaya berkat tmmd dapat terus terjaga dengan baik”. Ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Agus Indra Gunawan juga menambahkan Pada program TMMD kali ini akan membangun sasaran fisik berupa pengecoran jalan sepanjang 825 meter yang terbagi menjadi tiga titik lokasi di Padukuhan Watugedug dan Kentolan. Jelas Dandim.

Sasaran Non Fisik berupa penyuluhan Bela Negara, Kamtibmas, Stunting, Posyandu dan Posbindu serta pencegahan Covid 19, penyuluhan wawasan kebangsaan dapat menangkal paham – paham radikalisme, terorisme dan anti pancasila yang dapat menyusup ditengah tengah masyarakat. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan SDM warga masyarakat di sekitar lokasi TMMD. Ucap Dandim.

Manfaat lain yang didapatkan pelaksanaan TMMD ini terpenuhinya kebutuhan insfrastruktur masyarakat pedesaan serta adanya pemberdayaan masyarakat sehingga dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

Terlebih dimasa seperti saat ini, dimana kita bersama-sama menyiapkan diri untuk keluar dari zona pandemi ke era endemi covid-19. Namun kita tidak boleh melupakan untuk terus menjaga disiplin protokol kesehatan agar kita tidak kembali terpuruk. Selain itu juga menyasar warga yang membutuhkan berupa pembangunan RTLH 1 unit di Padukuhan Watugedug.

Pemerintah telah menetapkan sejumlah aturan, rasa kesetiakawanan dan persaudaraan di masyarakat harus kita dorong dan wujudkan dengan mengikuti himbauan yang telah ditetapkan. Dengan jalan kebersamaan untuk selalu memupuk rasa solidaritas, yang diwujudkan dengan tolong menolong serta berbagi kepada sekitar kita, dan menggerakkan ekonomi masyarakat dengan membeli produk umkm, kita yakin, keadaan berat yang sama – sama kita hadapi akan terasa ringan dan dapat kita lewati bersama.

Sejalan degan hal tersebut, atas nama pemerintah Kab. Bantul kami menyambut baik dan memberikan apresiasi atas keberadaan program Tmmd Sengkuyung Tahap I TA 2022. Kami sangat berharap akan dapat menjadi salah satu upaya membangun optimisme dan pertahanan diri bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai macam tantangan kedepannya.

“Selain itu kita juga berharap program program yang ada dalam Tmmd Sengkuyung Tahap I TA 2022 ini akan dapat meneguhkan semangat kebersamaan ditengah masyarakat untuk bersama sama mengelola potensi desanya agar makin maju, sehingga akan memberi akselerasi, dalam upaya kita bersama mewujudkan masyarakat Kab Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam Bingkai NKRI yang Berbhineka Tunggal Ika”. Tutup Dandim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Mayor Inf Imanuel Andrianto, S.Sos, Pasi Ren Proggar Korem 072/PMK, Kompol Sancoko Punjung Seksono S.H., S. I. K. , M. H. Wakapolres Bantul, Kapten Arm Joko Nuwianto, Danramil 18-0729 Pajangan, Danramil 02/Sedayu Kapten Chb Sarmin, Danramil 16/Pandak Kapten Inf Rajiko, AKP Darobi (Kanit Samapta Polsek Pajangan) mewakili Kapolsek Pajangan, H. Abdul Halim Muslih (Bupati Bantul), Drs. Helmi Jamharis M.M (Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul), Ibu Riana Y Lina Kabag Rekayasa Sosial Biro Bermas DIY, Suwandi, S.H, M.Hum (Kajari Bantul), Hermawan Setiadji, S.IP, M.H (Kepala Inspektorat Kabupaten Bantul), Anton Wahono, S.Sos  (Anggota DPRD Kab. Bantul F. PDIP), Ny. Dwi Pudyaningsih, S.Sn (Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bantul), Anjar Ariantaka Putra S.Sos, M.M (Panewu Pajangan), Masduki Rahmad S.I.P (Lurah Guwosari). beserta para tamu undangan kurang lebih 150 orang.