Cegah Karhutla, Babinsa,Bhabinkamtibmas Kasarangan Lakukan Patroli dan Edukasi Warga

Barabai, viralreporter5.com |Babinsa dan Bhabimkamtibmas Kasarangan bersama anggota Manggala Agni Kabupaten Hulu Sungai Tengah melaksanakan patroli karhutla, Senin (20/7).

Patroli karhutla dilaksanakan di desa Samhurang kecamatan Labuan Amas Utara, yang merupakan daerah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan, terang Babinsa Koramil 1002-08/Kasarangan Serda Agus Arahman.

Baca juga :   Sesama Putra Daerah, Danrem 081/DSJ Bangga dengan Sumbangsih Dirut PT. Exindo di Nganjuk

Patroli bersama ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan lahan.”terang Agus.

Lebih lanjut Serda Agus Arahman menyampaikan bahwa dirinya bersama tim gabungan tidak hanya melakukan patroli, melainkan juga mengedukasi warga masyarakat agar tidak mengolah lahan dengan cara membakar.

Selain sangat berbahaya, membakar lahan akan menimbulkan asap yang akan meegganggu kesehatam bahkan bisa juga mengganggu penerbangan.”imbuhnya.

Baca juga :   TNI SAHABAT PELAJAR" Babinsa Koramil 1312-06/Nanusa, Serda Jahja Kimbal Di SDK Imanuel Karatung

Terlebih lagi ancaman hukuman dan denda bagi warga atau oknum yang terbukti membakar hutan dan lahan sangat berat sekali.

Pasal sanksi pidana pelaku pembakar hutan atau lahan. Pasal 78 ayat (3) : Barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp.5.000.000.000,00 (lima milyar rupiah).

Baca juga :   Koramil 06/KD Bersama Tiga Pilar Terus Gelar Operasi Yustisi Tingkat Kecamatan

Untuk itu mari kita jaga hutan agar tetap hijau dan asri demi anak cucu.”tegas Agus Arahman.(vr5/* Pendim1002).

Check Also

3 Kelompok Penolak Komjen Listyo Sigit Prabowo, Terakhir Paling Berbahaya

Viralreporter5.com,  Jakarta – Sejumlah politisi, pimpinan ormas, maupun tokoh masyarakat, memberikan dukungan kepada Komjen Pol …