oleh

Cegah Radikalisme, Kodim 0502/JU Selenggarakan Safari Bintal Dam Jaya/Jayakarta

-TNI-18 views

Viralreporter5.com, Jakarta Utara — Kodim 0502/JU menggelar kegiatan Safari Bintal Kodam Jaya/Jayakarta dengan tema “Menjaga Persatuan dan Kesatuan dalam rangka menangkal Faham Radikalisme dilingkungan Prajurit PNS dan Keluarganya”, Senin (12/9/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Kodim 0502/JU Letkol Arm Suyikno, S. Sos, M. Si mewakili Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, Ph.D, FHEA, dan di hadiri seluruh jajaran lainnya.

Letkol Inf M. Sofrianes Salam, S. Ag., M. Han, yang menjabat sebagai Kalakbintalidjuang Dam Jaya/Jayakarta mengatakan, bahwa TNI sebagai penangkal dan penindak serta pemulih, kekuatan TNI yang mampu menghancurkan atau mengancam kedaulatan negara.

” Keutuhan wilayah dan keselamatan Bangsa sebagai penangkal kekuatan nyata TNI, mempunyai aspek psikologis untuk diperhitungkan oleh lawan. Sehingga, mengurungkan niat yang akan mengancam kedaulatan Negara,” kata Sofrianes .

Ia menjelaskan, militansi prajurit sendiri adalah ketangguhan dalam melakukan tugas, bertindak agresif, pantang menyerah, serta bukan hanya sekedar menjalankan perintah.
” Militansi pada diri seseorang diukur dari keikhlasan, kejujuran, dan kerja keras terhadap apa yang dikerjakan dalam segala aspek kehidupan,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama,  Letkol Arm Suyikno, S. Sos, M. Si mengatakan, kegiatan Safari Pembinaan Mental dari Bintal Kodam Jaya/Jayakarta tersebut bisa memberikan manfaat dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan keluarga.

” Kegiatan Bintal ini adalah salah satu upaya satuan dalam melaksanakan pembinaan mental terhadap prajurit dan keluarga, permasalahan keluarga dan di lingkungan yang muncul dapat diselesaikan dengan baik dan tuntas,” tuturnya.

Ia berharap, kepada prajurit maupun Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim 0502/JU yang hadir dapat menerapkan dalam kehidupan sehari hari apa yang telah disampaikan Pemateri dalam menjalani rumah tangga. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara suami dan istri, serta suasana Kedinasan yang nyaman.” Hal ini dapat mencerminkan kedisiplinan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai aparat negara,” imbuhnya.

Di akhir kegiatan ia berpesan kepada seluruh prajurit, kegiatan Safari Bintal ini sebagai momen untuk pembelajaran kehidupan dalam berbangsa dan bernegara serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada masing-masing prajurit,” pungkas Kasdim. (@2022)