oleh

Dampak Hujan dan Angin Kencang, Kapten Inf Redi Kurniawan, Danramil 424-07/Gdr Cek Rumah Warga Binaan

-TNI-93 views

Tanggamus, VIRALREPORTER5.COM – Hujan angin kencang pada hari Selasa (25/01/2022) menyebabkan beberapa pohon roboh, sehingga sebagian pohon menimpa atap rumah warga masyarakat di Pekon Yogyakarta selatan, Pekon Matraman, Pekon Kediri, Pekon Yogyakarta induk dan Pekon Bulurejo. Sabtu (29/01/22).

Dengan kejadian tersebut Kapten Inf Redi Kurniawan, Danramil 424-07/Gdr bersama babinsa dan warga masyarakat datang ke lokasi kejadian guna melakukan pengecekan dengan mendata rumah-rumah warga masyarakat yang tertimpa pohon akibat terkena angin kencang.

Di lokasi kejadian Danramil, Babinsa bersama warga masyarakat bahu membahu gotong royong membersihkan puing – puing atap rumah dan semua pohon yang tumbang agar tidak menggangu jalan umum serta halaman rumah warga.

“Hari ini kami bersama warga sekitar melaksanakan gotong-royong untuk membantu mengumpulkan puing-puing bekas rumah yang roboh karena tertimpa pohon. Bila sekiranya ada meterial yang masih layak, seperti bekas pohon yang tumbang kayunya bias dimanfaatkan untuk memperbaiki kembali rumah milik warga,” jelasnya.

“Dari hasil pengecekan dan pendataan yang dilakukan, ada 14 rumah yang terdampak angin kencang sehingga kondisi atap rumahnya karena tertimpa pohon yang roboh dan tidak ada korban jiwa” ujar Kapten Inf Redi Kurniawan di sela sela pemantauannya.

Tambah Danramil, “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan dan rasa sosial terhadap warga binaan Koramil 424-07/Gdr yang sedang mengalami musibah, semoga dengan gotong-royong ini dapat meringankan beban warga masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada warga setempat di lokasi kejadian, untuk tetap waspada menghadapi musim hujan yang disertai angin kencang.

“Kondisi cuaca yang tidak menentu yang cenderung ekstrim, kami himbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, saling mengingatkan antar tetangga, apalagi musim hujan saat ini yang diikuti angin kencang” tandasnya.

Kapten Inf Redi Kurniawan meminta, kesadaran masyarakat agar memangkas sebagian pohon yang sudah terlalu tinggi berdekatan dengan rumah dan membahayakan kondisi bangunan rumah serta kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampai menutupi parit atau gorong-gorong pembuangan air.

”Mari kita rapikan pohon di sekeliling rumah kita dan stop membuang sampah sembarangan, mari kita sama-sama timbulkan kepedulian jaga lingkungan , jangan biarkan terjadi sumbatan maupun genangan disaluran air arau drainase,” tutupnya. (@2022)