oleh

Dandim 0424 Tanggamus, Letnan Kolonel Arm Micha Arruan, S.E., M.M. Hadiri Kegiatan Roundtable Discussion Penyusunan Regulasi Akselerasi STBM Dalam Mendorong Percepatan ODF Kab. Tanggamus Tahun 2022

-TNI-160 views

Tanggamus – Dandim 0424 Tanggamus, Letnan Kolonel Arm Micha Arruan, S.E., M.M. menghadiri kegiatan Roundtable Discussion Penyusunan Regulasi Akselerasi STBM Dalam Mendorong Percepatan ODF Kab. Tanggamus Tahun 2022 yang bekerjasama dengan PT Tirta Investama dan LSM Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) di Ruang Pertemuan Hotel 21 Gisting, Pekon Gisting Bawah Kec. Gisting Kab. Tanggamus. Jumat (28/01/22).

Rapat tersebut di pimpin langsung oleh Bapak Sukisno, S.K.M.,M.Kes. (Plt. Sekda Kab. Tanggamus). Ia menyampaikan kegiatan Roundtable Discussion Penyusunan Regulasi Akselerasi STBM Dalam Mendorong Percepatan ODF Kab. Tanggamus Tahun 2022. Persoalan Sanitasi menjadi tanggung jawab semua pihak, penyelesaiannya harus melibatkan semua pihak mulai dari Pemerintah, masyarakat, sampai dengan perusahaan swasta yang konsen terhadap akses sanitasi dan air bersih, dalam upaya sanitation stunting, melalui pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), sebagai advokasi air dan sanitasi hygienis menuju Kabupaten ODF, di Kabupaten Tanggamus. “Saat ini Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) bekerjasama dengan PT Tirta Investama (Aqua Danone) membuat program Wash Stunting Terintegrasi” ujarnya.

Letkol Arm Micha Arruan, S.E.,M.M. juga menambahkan bahwa TNI AD sendiri sudah pernah melakukan program contoh seperti jambanisasi. Hendaknya dalam pelaksanaan setiap program tersebut tidak hanya fokus dalam memberikan bantuan, tetapi juga perlu dilakukan pemberian penyuluhan agar masyarakat mengerti dan faham tujuan dari program pemerintah untuk masyarakat tersebut. Yang terpenting sasaran kita membuka kesadaran dari masyarakat itu sendiri oleh karena itu penyuluhan sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. “Begitu juga Kodim 0424 Tanggamus siap membantu dan berkolaborasi, baik itu bentuk penyuluhan ataupun pembangunan kami siap membantu untuk mewujudkan program tersebut”. Jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kompol Hesbin Fadila (Kabag SDM mewakili Kapolres Tanggamus), Arpin, S.Pd. (Kadis PMD Kab. Tanggamus), Bambang Pujiatmoko (Wash Advisor SNV/YKWS), Raditya Putra (CSR PT Tirta Investama), Taufik Hidayat, M.Kes. (Kadis Kesehatan Kab. Tanggamus), M. Hasan Basri ( Kasi PAPKI Kemenag Tanggamus), A. Rahman (Kasubdit Bapelitbang Kab. Tanggamus), Derius Putrawan (Sekretaris Kominfo Kab. Tanggamus), Andriansyah (Sekretaris BPKD Tanggamus), Diyan Hidayat (Kabid Dinas KPTPH Kab. Tanggamus), Abdul Rahman (Sekretaris DLH Kab. Tanggamus), dan Retno Ningsih (Pokja IV TP PKK Kab. Tanggamus).