oleh

Dandim 0424/TGM, Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M. Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

-TNI-208 views

Tanggamus – Dandim 0424/TGM, Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M. pimpin upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Makodim 0424/Tanggamus dengan peserta anggota TNI/ASN. Senin (07/02).

Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M. Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan, namun tidak sedikit yang faham mengerti tujuan upacara bendera itu sendiri.

Salah satu poin penting tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. Oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa.

Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M. menuturkan bahwa Upacara bendera mingguan ini jangan hanya dijadikan sekedar rutinitas yang biasa, namun harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme kita, melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan jiwa dan harta benda para pahlawan kusuma bangsa“. terangnya.

Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M. “Upacara pengibaran bendera dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta mengenang jasa para Pahlawan dan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme guna menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.” Ujar Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M.

“Upacara bendera juga memiliki makna penting, sebagai upaya untuk mengingatkan prajurit TNI khususnya di wilayah Kodim 0424/Tanggamus sebagai sarana Komando guna menjalin komunikasi antara pimpinan, Staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas”, jelasnya.

Selesai melaksanakan upacara bendera kemudian dilanjutkan dengan latihan PBB sangat penting dilakukan oleh setiap prajurit untuk menjaga kekompakan dan disiplin,  karena itu merupakan dasar kemampuan seorang prajurit yang harus di pahami dan di kuasai.

“Ini sebagai program pembinaan bagi seluruh Prajurit TNI AD, untuk menjaga dan membina, menanamkan sikap kedisiplinan sebagai prajurit TNI sehingga menjadi prajurit yang profesional di dalam melaksanakan tugas ” ujarnya.

Lanjut selesai latihan PBB Dandim mengambil jam komandan dengan harapan setiap prajurit tau informasi perkembangan situasi dan untuk menyamakan sikap pola pikir dan pola tindak aparat. “Beberapa informasi, evaluasi tetap jaga kekompakan, keharmonisan, jaga kesehatan baik perorangan maupun keluarganya, jaga keamanan baik materiel maupun personil selalu membina keharmonisan keluarga, tingkatkan semangat kerja, dan berharap pada seluruh anggota agar tidak melakukan pelanggaran yang dapat mencemarkan nama baik satuan”. tutup Letkol Arm Micha Arruan, S.E., M.M.