oleh

Dandim 0510/Trs Kunker Ke Ponpes Al Falah, Antisipasi Radikalisme dan Perkuat Kebhinekaan

-Pendidikan, TNI-77 views

Tigaraksa, VIRALRWPIRTER5.COM – Komandan Kodim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I.E Siregar, SH, M.I, Pol dampingi Kasdim 0510/Trs Mayor Arh I Wayan Kariana beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Ponpes Al-Falah Kampung Salimah Desa Sukamanah Kec. Jambe Kab. Tangerang, Sabtu (05/02/2022).

Kehadiran orang nomor satu di Kodim 0510/Trs disambut langsung oleh KH. M. Asrori Pimpinan Ponpes Al-Falah, KH. Madsuri Penasehat Ponpes Al-Falah, H. Ahmad Samsudin Sesepuh Ponpes Al-Falah dan Darul Kepala Desa Sukamanah.

Kegiatan silaturahmi Dandim Letkol Inf Bangun IE Siregar dalam rangka penyampaian tentang “RADIKALISME DAN KEBHINEKAAN” untuk mencegah tidak munculnya paham – paham tersebut yang dapat merusak sendi – sendi kehidupan berbangsa dan bernegara terhadap generasi muda termasuk pra santri/wati.

Dalam paparannya, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun I.E Siregar, SH, M.I, Pol menyampaikan bahwa ada empat hal yang tidak bisa dihindari yaitu, HIDUP, MATI, JODOH dan REZEKI, yang semuanya itu adalah kehendak Tuhan.

” Kita terlahir dan mati atas kehendaknya, Oleh karena itu, bangsa Indonesia yang terdiri beragam suku, ras ,agama dan golongan membuktikan kita semua bersaudara dari Sabang sampai Merauke dan hanya tempat lahir kita yang berbeda tetapi kita semua bersaudara dalam Kebhinekaan.’ ujar Dandim.

Dikesempatan berbahagia ini, kata Dandim menambahkan, mari kita bersama sama mengantisipasi paham radikalisme dan separatisme khususnya generasi muda termasuk santri /wati agar tidak mudah terpengaruh paham yang menyesatkan, hal ini sesuai dengan arahan pimpinan yaitu Kasad dan Pangdam Jaya.

“Kita sudah punya pandangan hidup yaitu Pancasila tetapi, banyak juga kelompok kelompok yang ingin merubah Pancasila dengan paham radikalisme, termasuk juga separatisme yang ingin memisahkan dari negara kesatuan republik indonesia. Inilah yang harus kita diantisipasi bersama – sama jelas Letkol Inf Bangun IE Siregar yang merupakan lulusan Akabri 2001.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan kepada para santri/wati yang berniat untuk menjadi anggota TNI AD, peluang tersebut terbuka lebar.

“Silahkan adik – adik yang punya cita – cita menjadi prajurit TNI AD untuk mendaftarkan diri. Lebih jelasnya informasinya ada di Kodim ,Koramil atau tanya kepada babinsa. Untuk masuk TNI AD tidak dipungut biaya alias gratis,” terang Dandim.

Sementara itu, H. Ahmad Samsudin Sesepuh Ponpes Al Falah mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dandim 0510/Trs ke ponpes Al-Falah.

“Alhamdulilah untuk alumni-alumni yang sudah keluar dari ponpes Al-Falah ini banyak juga yang menjadi TNI/POLRI dan banyak yang sudah berhasil dibidang yang lainnya.” ungkapnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Kades Sukamanah Darul kepada Dandim 0510/Trs yang sudah datang ke Desa Sukamanah. “Alhamdulillah Kami di Sukamanah sudah menerima hibah selama tiga tahun 2015 ,2016 dan 2017, tolong dibantu pembangunan jembatan utama desa yg jadi kebutuhan pokok warga,” ujarnya.

“Dengan adanya TMMD , kami merasakan langsung kiprah TNI khususnya jajaran kodim 0510/Trs sudah dua kali dalam tiga tahun berturut menghibahkan jalan sepanjang 1500 km. Saya berharap Desa Sukamanah dapat didorong kembali kedepannya untuk pelaksanaan TMMD ,” harapnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Dandim menyerahkan bantuan masker dan sembako kepada Yayasan Ponpes Al Falah dan diterima oleh Ketua yayasan.

Hadir dalam giat tersebut, Letkol Inf Bangun I.E Siregar, SH, M.I, Pol
Dandim 0510/Trs, Mayor Arh I Wayan Kariana Kasdim 0510/Trs, Kapten Arh Samsuri Pasiter Kodim 0510/Trs, Kapten Inf Dwi Saputro Plh. Danramil 06/Trs, Lettu Inf Ali Maskuri Pasi Intel Kodim 0510/Trs, KH. Jajuri Ketua MUI Kec. Jambe, Romo Felix Supranto Ketua Gereja Odelia Citra Raya, Darul Kepala Desa Sukamanah, KH. M. Asrori Pimpinan Ponpes Al-Falah, KH. Madsuri Penasehat Ponpes Al-Falah, H. Ahmad Samsudin Sesepuh Ponpes Al-Falah dan para satriawan/satriwati. (@2022)