oleh

Dandim Diwakili Kasdim 0510/Trs Hadiri Rakor Penanggulangan Bencana Bersama Forkopimda Tangerang

-TNI-76 views

Tigaraksa, VIRALREPORTER5.COM – Komandan Kodim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar diwakili Kasdim 0510/Trs Mayor Arh I Wayan Kariana hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana di wilayah Hukum Polresta Tangerang di Aula Parama Satwika Lantai 3 Gedung Presisi Mapolresta Tangerang, Kamis (27/01/2022).

Kegiatan penanggulangan bencana ini diinisiasi oleh Kapolresta Tangerang Kombespol Zain Dwi Nugroho, SH, S.IK, M.Si selaku Penanggung Jawab yang diikuti ± 40 peserta.

Terlihat hadir dalam giat itu, Kombespol Zain Dwi Nugroho, SH, S.IK, M.Si Kapolresta Tangerang, Mayor Arh I Wayan Kariana Kasdim 0510/Trs, Selamet Budi Kadis PU Kab. Tangerang, Ir. Bambang Sapto Nur Cahya, MM, MT Kepala BPBD Kab. Tangerang, Ibu Ira Dinkes Kab. Tangerang, Kapten Inf Dwi Saputro Pasi Ops Kodim 0510/Trs, Para PJU Polresta Tangerang dan para Kapolsek Jajaran Polresta Tangerang.

Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar diwakili Kasdim 0510/Trs Mayor Arh I Wayan Kariana mengatakan, Rapat Koordinasi ini membahas terkait Fungsi ,Tugas, dan Kegiatan Non Fisik terkait bagaimana kerjasama sinergis antara semua pihak, khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Dalam rakor ini, semakin terjalinnya sinergitas dan koordinasi, komunikasi serta dukungan semua elemen yang harus terlibat dalam kebencanaan.” ujar Kasdim.

Ia menyebut, prinsipnya satu, bahwa seluruh forkopimda di tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota bersinergi bersama untuk menjaga dan mengantisipasi dalam rangka menghadapi bencana alam.

Titik yang patut diwaspadai, lanjut Kasdim, misal dari 8 Kecamatan yang ada di Kab Tangerang, tahun 2020, itu ada 18 wilayah yang riskan terdampak Banjir. Hal ini akan dipantau dan diawasi semaksimal mungkin agar dapat di antisipasi bencana banjir tersebut.

Selain itu, Kasdim juga menambahkan, bencana alam tidak mungkin hanya dari faktor alam saja, ada juga faktor manusia itu sendiri karena tidak memperdulikan kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“TNI akan siap mendukung dan membantu mengerahkan personil jika terjadi bencana ke lokasi bencana guna membantu masyarakat yang terdampak,” pungkas Kasdim. (@2022)