oleh

Danramil 01/Tgr Hadiri Apel Siaga Bencana Tingkat Kecamatan Cipondoh Dan Karya Bhakti

-TNI-78 views

Viralreporter5.com, Tangerang — Komandan Koramil 01/Tgr Mayor Kav Andi Budiman S.Sos bersama personilnya, Rabu (01/12/2021) menghadiri kegiatan Apel Siaga Bencana Tingkat Kecamatan Cipondoh dan 3 Pilar sekaligus melaksanakan Karya Bhakti usai apel.

Apel tersebut dipusatkan di Jl KH Ahmad Dahlan Kel Petir Kec Cipondoh Kota Tangerang, yang diikuti oleh Rizal R, SE Camat Cipondoh, AKP Robinson WL, SH Wakapolsek Cipondoh, Lurah se Kec Cipondoh dan Kepala Puskesmas se Kec Cipondoh.

Peserta apel diikuti ±134 personil dari unsur, TNI, Polri, Trantib, Puskesmas, Damkar, BPBD, DKP, Staf Kelurahan, Forum RT/RW dan Ormas/Bakorwil.

Menurut Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf Bambang Hery Tugiyono yang disampaikan melalui Danramil 01/Tgr Mayor Kav Andi Budiman mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka sinergitas seluruh instansi yang terkait untuk bersama-sama siaga dan mempersiapkan diri memasuki musim hujan bulan Desember 2021 mengingat wilayah Kec Cipondoh rawan terhadap banjir khususnya wilayah Kel Petir Kec Cipondoh, Kota Tangerang.

Dikatakannya, meskipun datangnya bencana merupakan hal yang sulit dihindari dan diperkirakan secara pasti dan tepat, semua elemen pemerintahan dan masyarakat harus tetap waspada, mawas diri dan menyiapkan langkah pencegahan dan penanganan sedini mungkin.

“Persiapan dan kesiapan untuk mengantisipasi dan menangani datangnya bencana merupakan langkah yang tepat, agar dampak buruk dari bencana tersebut dapat diantisipasi dan diminimalisir,” ujar Danramil.

Dilanjutkan Danramil, permasalahan kebencanaan membutuhkan penanganan yang terintegrasi, tidak bisa dilakukan hanya sebagian atau parsial, namun setiap komponen harus bekerja sebagai suatu sistem yang mampu mengelola keadaan dengan terpadu, baik kondisi sebelum terjadinya bencana, pada saat dan pasca terjadinya bencana.

“Untuk itu kami mengajak semua pihak bekerjasama dan saling gotong royong menghadapi tiap bencana alam yang terjadi. Karena sinergi antar pihak akan membuat penanganan bencana dapat berjalan dengan baik.” harap Danramil.

Terkait dengan apel kesiapan ini, Danramil berpendapat bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kesiapan personil, peralatan, sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana.

“Hal ini untuk memastikan semuanya dalam keadaan siaga dan siap pakai. Seperti ketersediaan personil dan alat/perlengkapan yang digunakan untuk menangani bencana.” tegas Mayor Kav Andi Budiman.

Tadi selepas pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan kegiatan Karya Bhakti membersihkan Sampah di sungai/irigasi mulai dari depan Pasar Rubuh s/d depan Perumahan Griya Permata. (vr5@2021/Lingga)

Sumber Kodim 0506/Tgr

 

News Feed