oleh

Gandeng Komunitas, Korem 071/Wijayakusuma Komsos Jalin dan Pererat Kebersamaan dan Soliditas

-TNI-14 views

Viralreporter5.com, Banyumas – Guna menjalin dan mempererat kebersamaan dan memperkokoh soliditas, Korem 071/Wijayakusuma menggelar Komunikasi Sosial dengan segenap komponen dan elemen masyarakat, Kamis (15/9/2022) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas.

Komunikasi Sosial yang dikemas dalam kegiatan Pembinaan Komunikasi Komunitas ini bertajuk “Bersatu membangun bangsa dalam bingkai NKRI”, diikuti Komunitas Purwokerto American Jeep (PAJ), Komunitas Mitra Jaga Wana Banyumas, Komunitas Treal Kemangkon (KOTAK) Kemangkon Purbalingga, Komunitas Mitra Bina Wijaya Cilacap, Komunitas Pembatik Banjarnegara, untuk meningkatkan kebersamaan dan mempererat hubungan TNI khususnya Korem 071/Wijayakusuma dengan seluruh komponen bangsa lainnya di wilayah Korem 071/Wijayakusuma.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S.E., mengatakan kegiatan ini mempunyai tujuan untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan harmonis dengan segenap komponen bangsa lainnya.

Dikatakan, sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 sistem pertahanan negara Indonesia adalah sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara terpadu dan terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman.

Danrem menjelaskan, pertahanan negara tidak sepenuhnya merupakan tanggungjawab TNI saja, melainkan menjadi tanggungjawab segenap warga negara Indonesia. “Dengan menilik hal itu, segenap warga negara wajib memahami berbagai hal yang menjadi ancaman negara, baik ancaman bersifat militer maupun non militer”, jelasnya.

Kolonel Yudha berharap, dengan kegiatan ini, peserta dapat memahami dan mengerti akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Sehingga terwujud tekad dan semangat tinggi untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang dihadapi bangsa Indonesia. (@2022)