Gelar Binter Terpadu Kodim 0208/Asahan, Guna Memantapkan Ruang Alat Dan Kondisi Juang Yang Tangguh

VIRALREPORTER5.ASAHAN| Pada Pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Kodim 0208/Asahan Tahun 2019 berlangsung dengan meriah dan ramai yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Tanjung Balai Jl. Jendral Sudirman Pahang Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Senin (11/11/2019).

Acara yang mengangkat tema “Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter Terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh” ini, dipadati sekira 1.000-an para tamu/undangan dan masyarakat yang memadati Gedung Olah Raga (GOR) Tanjung Balai Pahang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim (Dandim) 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh S.Sos mengungkapkan bahwa dalam pertahanan semesta yang digunakan bangsa Indonesia, TNI merupakan komponen utama pertahanan untuk mensinergitaskan seluruh komponen pertahanan di Daerah. “Di dalam bingkai NKRI terdapat berbagai bentuk ras, suku, bahasa, agama dan kondisi wilayah yg berbeda. Tentunya, tingkat kerawanan perpecahan dengan adanya perbedaan ini sebagai pemicu perpecahan didalam bingkai NKRI, baik itu pengaruh dari Luar Negeri maupun dalam negeri. Disini TNI membangun kemanunggalan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan komponen bangsa,” ujar Dandim.

Pada kegiatan membangun soliditas dan sinergitas antara Pemda dan komponen masyarakat ini turut serta dihadiri oleh, Wali Kota Tanjung Balai, Danrem 022/Pantai Timur yang diwakili Mayor Inf Hendra Pasi Bakti, Ketua DPRD Tanjung Balai, Danlanal Tanjung Balai, Danyon 126/Kala Cakti, Kapolresta Tanjung Balai, Kajari Tanjung Balai.

Lebih lanjut Letkol Inf Sri Marantika Beruh S.Sos mengungkapkan Kegiatan Binter Terpadu yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0208/Asahan tersebut di isi dengan berbagai kegiatan, berupa sosialisasi Wasbang kepada Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, TNI/Polri, dan Pelajar SMA. Tidak hanya itu saja sebelum pelaksanaan kegiatan ini juga sudah ada pelaksanaan rehabilitasi fasilitas umum diantaranya Rehab Rumah Ibadah, dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), ungkapnya.

Sebagai bentuk kepedulian, perhatian dan tanggung jawab terhadap kondisi kehidupan masyarakat di wilayah Korem 022/PT hendaknya menjadi agenda yang digelar secara teratur dan berkelanjutan, “Kepada prajurit yang terlibat dalam kegiatan Binter Terpadu, agar selalu berkomunikasi baik dengan semua elemen masyarakat yang ada di wilayah. Bekerja membantu masyarakat adalah pekerjaan mulia bagi kita. Kerjakan dengan senang hati, kerja dengan keceriaan serta tulus dan iklas, “pesan Dandim.

Selanjutnya kegiatan bakti sosial penyerahan kursi roda kepada masyarakat penderita Lumpuh yang kurang mampu, pemberian Tali Asih kepada perwakilan Kaum Dhuafa. Kemudian rombongan Forkopimda bersama Dandim 0208/Asahan tinjau pelaksanaan Sunat Massal dan Donor Darah dan meninjau rehab Mesjid serta rehab RLTH. (vr5/*)

Check Also

Cegah Covid-19, Prajurit Kodim 0105/Abar Laksanakan Jogging

Aceh Barat, viralreporter5.com | Untuk meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh dalam rangka menghindari penyebaran virus …