oleh

Gelar Vaksin Malam Hari Perdana, Korem 041/Gamas Tuai Sejumlah Apresiasi

-Kesehatan, TNI-77 views

Viralreporter5.com, Bengkulu – Wakil Gubernur Bengkulu Dr. H. Rosjonsyah, S.I.P., M.Si mengapresiasi program terobosan vaksinasi COVID-19 malam hari yang diluncurkan oleh Korem 041/Gamas, Kodam II/Sriwijaya.

Apresiasi disampaikan Rosjonsyah di sela-sela peresmian Cafe Vaksin Juang 45 oleh Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr. (Han) di halaman depan Gedung Juang 45 Korem 041/Gamas Jl. Pembangunan No. 3 Padang Harapan Kota Bengkulu, Sabtu 25 Desember malam.

Dikatakannya, berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi yang biasanya pagi dan siang hari, pelaksanaan pada malam hari menghadirkan suasana berbeda dan diharapkan bisa menjangkau masyarakat yang memiliki aktivitas kesibukan di pagi dan siang hari.

“Dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa melaksanakan vaksinasi di malam hari dengan suasana yang sangat santai. Hal tersebut tentu menambah animo masyarakat untuk vaksin, sehingga diharapkan mencapai target vaksinasi COVID-19 yang maksimal dan level pandemi kita bisa hilang,” ujarnya, seraya mengingatkan masyarakat untuk tetap menaati Protokol Kesehatan, sehingga kedepannya Bengkulu bisa bebas dari COVID-19, aktivitas dan perekonomian di Bengkulu pulih kembali.

Bentuk apresiasi lainnya atas trobosan Danrem dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, serta sinergi bersama Forkopimda, juga disampaikan Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Guntur Setyanto dengan memberikan cinderamata berupa buku karangannya kepada Danrem.

“Pada malam hari ini sebagai apresiasi dari Polda kepada Pak Danrem yang telah menginisiasi kegiatan ini. Dan saya tau hobinya Pak Danrem adalah membaca, jadi saya berikanlah buku ini, dan dengan disaksikan oleh Pak Wagub, Dinda semoga berkenan, ini tali asih dari Polda,” kata Kapolda saat menyerahkan buku karyanya kepada Danrem.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni menyampaikan, peluncuran gerai vaksinasi di gedung Juang 45 dapat memberikan motivasi dan semangat baru dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Apalagi, pelaksanaan vaksinasi di malam hari dengan suasana santai, dimana pelaksanaannya baru pertama kali ini dilakukan, sehingga diharapkan dapat dijadikan contoh untuk semuanya,” tandasnya.

Sementara itu, Danrem 041/Gamas menerangkan, pembukaan cafe vaksin ini tidak lain untuk mendukung pencapaian target vaksinasi COVID-19 hingga jumlah maksimal, sekaligus percepatan penuntasan pandemi COVID-19.

“Kita sadar masyarakat memiliki aktivitas di pagi dan siang hari, sehingga belum tentu bisa mengikuti program vaksinasi sebelumnya. Sehingga, kita ada ide untuk mengoptimalisasi pencapaian target dengan mengadakan vaksinasi malam hari,” jelas Danrem.

Abituren Akademi Militer tahun 1992 ini menambahkan, dengan kita mencapai jumlah vaksinasi yang maksimal, bisa mendukung segala aspek ekonomi, pendidikan, budaya dan lain-lain.

“Tujuannya seperti itu. Ini akan berlangsung secara berkala, untuk mendukung capaian target vaksinasi, baik dosis satu maupun dua, kelompok masyarakat yang ditetapkan sebelumnya,” jelas Perwira Tinggi TNI yang lama berdinas di Kopassus dan Paspampres ini.

Ditambahkan olehnya, untuk program vaksinasi anak kelompok umur 6-11 tahun, nantinya akan dilaksanakan setelah koordinasi Forkompinda Bengkulu, yang akan membahas detail pelaksanaannya.

Untuk diketahui, sebanyak 43 orang menerima vaksinasi COVID-19 dengan menggunakan vaksin Sinovac pada layanan perdana cafe vaksin ini. Guna menambah kehangatan pelaksanaan vaksinasi, disediakan mie bakso, pempek, kentang goreng, hingga kopi untuk mereka yang hadir. Cafe vaksin ini akan dibuka setiap malam, sehingga menjadi sarana hiburan masyarakat Bengkulu, namun pelaksanaan vaksinasi akan ditentukan pada malam-malam tertentu.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 041/Gamas, Kasiren Korem 041/Gamas, para Kasi Kasrem 041/Gamas, Dandim 0407/KB, Dandenkesyah 02.04.01 Bengkulu, Karumkit TK. IV 02.07.01 Zainul Arifin, para Perwira Korem 041/Gamas, para Perwira Kodim 0407/KB, para Nakes dari Denkesyah 02.04.01 Bengkulu dan masyarakat yang melaksanakan vaksin. (vr5@2021)