oleh

Ground breaking Tugu Kongres Santri Pancasila 1 Di Masjid Agung Turut Dihadiri Dandim 0105/Abar

-TNI-116 views

Aceh Barat, VIRALREPORTER5.COM – Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P bersama unsur Forkopimda lainnya menghadiri Ground breaking Tugu Kongres Santri Pancasila 1 di depan Pintu Masuk Masjid Agung Baitul Makmur Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan yang secara ceremony dibuka oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS, Rabu (19/1/2022)

Pembangunan Tugu Kongres Santri Pancasila 1 ini merupakan yang pertama di lndonesia. Pembangunan yang diinisiasi oleh Bupati Aceh Barat tersebut dimaknai sebagai momentum bersejarah yang melambangkan bahwa Santri dan Ulama di Aceh telah menggelar Kongres Santri Pancasila pertama kali di lndonesia yang di Pusatkan di Kota Meulaboh Aceh Barat.

Groundbreaking sebagai tanda di awali nya Pembangunan Tugu ini. Dalam sambutannya, H. Ramli MS menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Aceh Barat dan pihak terkait yang telah memfasilitasi Pembangunan Tugu sebagai momentum bersejarah guna mengenang jasa para Santri dan Ulama dalam memperjuangkan Kemerdekaan dan mempertahankan nilai – nilai Pancasila.

“Pembangunan Tugu ini membuktikan kepada Pemerintah RI bahwa rakyat Aceh dengan mencintai Pancasila sebagai falsafah dan dasar NKRl yang selalu diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui bingkai Persatuan dan Kesatuan. Dan ini juga menunjukkan bukti sebagai tonggak sejarah pembumian Pancasila di Bumi Teuku Umar”, pengantar Bupati sebelum peletakkan batu pertama

Sementara Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., yang hadir dalam acara Ground breaking sangat mendukung atas terlaksananya Pembangunan Tugu Kongres Santri Pancasila di Pintu Masuk Masjid Agung yang merupakan Rumah Ibadah kebanggaan warga Aceh Barat.

“Tugu ini bisa melambangkan warga Aceh Barat yang Pancasilais dan Agamais. Di samping sebagai pembuktian bahwa Aceh Barat sebagai starter awal pembumian Pancasila dari ujung Sumatera hingga Papua. Ini membuktikan masyarakat Aceh sangat mencintai Pancasila dan Negara Kesatuan Republik lndonesia”, tegas Dandim saat dilokasi

Flasbacknya, Pancasila dan Bangsa lndonesia lahir dari tangan dan perjuangan para Ulama, Santri dan rakyat dalam membela maupun merebut kemerdekaan Rl dari belenggu Penjajah kala itu.(@2022)