Inovasi Warga RW 20 Villa Dago Tol Luncurkan Aplikasi Deteksi Dini Dan Mitigasi “Cegah Covid-19”, Membantu Tekan Penyebaran Corona

Tangerang Selatan,  viralreporter5.com – Bersama kita melawan “Covid-19”. hal inilah yang dilakukan secara gemcar di lingkungan perumahan Villa Dago Tol khususnya Blok H RW 20 Kelurahan Sarua,  Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.   Tidak tanggung-tanggung warga perumahan ini melakukan terobosan dengan menjalankan aplikasi deteksi dini covid-19 di perumahan Villa Dago Tol.

Aplikasi ini bertujuan untuk mendukung program yang dianjurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dengan peran aktif masyarakat untuk bersama  menekan penyebaran Virus Corona di tengah masyarkaat.  Warga RW 20 Blok H Villa Dago Tol meluncurkan kreatifitas dan inovasi  yang diberi nama aplikasi “Deteksi Dini Covid-19” khususnya kepada warga di RW 20 di perumahan villa Dago Tol tersebut.

Dijelaskan Marna Ketua RW 20 Perumahan Villa Dago Tol, ini merupakan inisiatif warga yang tinggal di peumahan kami dan bekerja di dunia IT memiliki kepedulian membuat aplikasi ini .

Tujuan aplikasi deteksi dini diperhatikan untuk mendata langsung warga kami sekaligus kita dapat mendata perkembangan penyebaran virus Corona di warga kami.

“Alhamdulillah sampai saat ini, warga kita semua dapat terkontrol setiap detik dengan akurasi yang sangat cepat dan tepat. Melalui aplikasi ini, Kami dapat mengetahui real time perkembangan Covid-19 yang dapat diakses dengan cermat dan akurat, “ujar Marna.

Dijelaskan Marna bahwa  diaplikasi ini,  tersedia data – data yang falied, seperti Home, Tanggap Covid-19, Mitigasi, Pelayanan PMI dan Data serta Chat, dengan dekteksi dini di area perumahan kita. Tentunya, harapan kita warga semakin mengetahui kondisi di wilayah ini dapat mengetahui langsung.

Melalui  aplikasi inj, semakin mempermudah dalam hal pengkontrolan dan pengawasan warga, termasuk tamu,  pedagamg dan lainnya yang masuk ke perumaham kita harus kita data secara konkret. Karena itu, kita juga sudah melatih team relawan yamg sebagian besar warga kita untuk menjalankan program ini.

Secara detil kita juga data, pos – pos siskamling dan area publik seperti lapangan yang menjadi titik – titik kumpul warga semua kita data.

Setiap tamu yang masuk, kita tetap jalankan SOP seperti,  mendata identitas tamu, pedagang dan lainnya dan hendak berkunjung ke blok berapa semua terdekteksi melalui GPRS yang sudah kita program.  Tersedia juga  nomor telepon yang dapat dihubungi termasuk Rumah Sakit hingga penanggungjawab pencegahan Covid-19 di Tangerang Selatan.

Laporan masyarakat akan diintegrasikan dengan data-data lainnya, sehingga membantu orang untuk melihat sebaran virus corona di seluruh Indonesia, mengurangi penyebaran corona dengan laporan kerumunan masyarakat, dan melihat data rumah sakit yang penuh.

Menurutnya, misi ini untuk mengakselerasi perubahan positif di Indonesia, khususnya di perumahan Villa Dago Tol.

Aplikasi ini menggunakan seluruh sumber daya dan inovasi teknologi yang kami kembangkan untuk membantu pemerintah Indonesia bergerak bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Mulai hari ini aplikasi Deteksi Dini dan mitigasi sudah kami aktifkan dengan menyediakan aplikasi ini sebagai platform warga untuk melaporkan dan memantau perkembangan Covid-19 dan aplikasi dapat digunakan di lapangan guna mengkoordinasikan berbagai tugas secara efektif dan efisien,” kata Marna.

Saat ditanya berapa anggaran yang digelontorkan untuk aplikasi ini.  Ketua RW 20 Marna menjelaskan, bukan masalah berapa anggaran yang dikeluarkan yang terpenting bagaimana warga saya di RW 20 Blok H perumahan Villa Dago Tol dapat terdeteksi secara detail.  Kalau anda tanya,  berapa anggarannya, semua ini berkat adanya kepedulian warga khususnya yang mengetahui dunia teknologi. Semua terealisasi berkat adanya dukungan warga di perumahan kami.  Syukurlah ada warga kami yang sangat memahami bidang IT yang memberikan kontribusi dalam pembuatan aplikasi  ini sehingga dapat kami fungsikan saat sekarang,”tuturnya.

Sementara itu, Bapak Benhur salah satu warga mengatakan, partisipasi warga melalui pembuatan Aplikasi ini merupakan  inovasi anak bangsa yang patut di apresiasi karena memiliki tujuan yang mulia salah satunya membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman dan informasi yang cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat.

Selain itu, partisipasi masyarakat dalam melaporkan suspect Covid-19 dan kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menyebarkan virus corona, hingga data rumah sakit yang penuh sangat dibutuhkan pihak pemerintah sebagai data untuk analisis dan menentukan langkah selanjutnya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

“ini adalah wujud nyata peran elemen masyarakat yang memiliki tingkat kepedulian untuk bersama – sama mencegah penyebaran covid-19. Karena itu,  Kita tetap fokus mengurangi dampak penyebaran Covid-19,”ujarnya.

Menurutnya inisiatif aplikasi karya warga ini akan membantu pemerintah yang membuat kebijakan strategis dalam mengatasi pandemi Covid-19. Tentunya dengan peran aktif masyarakat semakin mempercepat proses mengatasi pandemi Covid-19 khususnya di perumahan villa Dago Tol.

Saat ini,  kita sudah memiliki tenda sterilisasi,  tempat cuci tangan dan aplikasi deteksi dini,  yang semuanya untuk mencegah penyebaran covid-19 khususnya di lingkungan perumahan villa Dago tol Blok H RW 20 kelurahan Sarua. (vr*/ Lingga)

Check Also

Pastikan wilayah aman, Koramil 01/Jatinegara Giat PSBB bersama Muspika

Jakarta Timur, viralreporter5.com | Petugas gabungan tiga pilar Muspika Jatinegara melaksanakan kegiatan patroli penertiban warga …