oleh

Intensifkan Sosialisasi Organisasi, Ketua DPC HMKI Tangsel Silaturahmi Ke Masyarakat Karo Di Wilayah Pondok Aren

-Sosbud-130 views

Viralreporter5.com, Tangerang Selatan – Untuk mengenalkan organisasi kemasyarakatan, Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (DPC HMKI) Kota Tangerang Selatan mengintensifkan silaturahmi dan sosialisasi ke setiap Kecamatan di wilayah Tangerang Selatan.

Hari ini, Sabtu (24/09/2022) Ketua DPC HMKI Tangsel Hendra Surbakti didampingi Gimun Ginting Wakil Ketua I dan Sekretaris A Lingga melakukan kunjungan silaturahmi dan sosialisasi organisasi ke kediaman Bapak Armen Ginting warga suku Karo, di Jl Panti Asuhan, RT 02/12, Kel Jurang Mangu Timur, Kec Pondok Aren Tangerang Selatan.

Ketua DPC HMKI Tangsel Hendra Surbakti  menjelaskan, sosialisasi dan silaturahmi merupakan momentum yang tepat untuk menjelaskan dan menyampaikan keberadaan dan visi misi organisasi HMKI kepada warga masyarakat suku Karo.

“Kita jelaskan kepada saudara kita khususnya warga masyarakat Suku Karo, bahwa DPC HMKI sudah terbentuk di Kota Tangerang Selatan,¬† dan diharapkan dijadikan tempat untuk berkumpul, saling berkomunikasi dan mempererat tali silaturahmi. Selain itu, sosialisasi dilakukan untuk saling memberi memotivasi, saling memberi apresiasi, supaya kita ke depan semakin sinergi,” ujarnya.

Hendra Surbakti juga berharap dengan adanya sosialisasi, ini dapat menampung aspirasi masyarakat khususnya suku Karo untuk menyampaikan aspirasi melalui organisasi HMKI.

Dijelaskan Surbakti bahwa keberadaan DPC HMKI Tangsel, kedepannya akan tetap menjalin sinergi dan kerjasama dengan pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat pada umumnya.

Selain itu, kata Hendra Surbakti, keberadaan HMKI, selain menjaga dan melestarikan nilai – nilai budaya dan adat istiadat suku Karo, kita juga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan,dan bidang ekonomi kreatif sekaligus tempat pembinaan para generasi muda Karo milenial untuk semakin mencintai adat istiadat, khususnya budaya Karo.

Pada kesempatan itu, Hendra Surbakti, juga menjelaskan, bahwa peran DPC HMKI Tangsel akan mengembangkan pola pikir yang inklusif kepada generasi muda Karo dalam menjunjung tinggi keberagaman, toleransi, tenggang rasa dan memahami bahwa tidak ada yang mayoritas dan minoritas.

“Artinya kita sebagai masyarakat dari suku Karo yang tergabung di dalam DPC HMKI Tangsel mampu menerima berbagai bentuk keberagaman dan keberbedaan diantaranya keberagaman budaya, bahasa, gender, ras, suku bangsa, strata ekonomi, serta termasuk juga didalamnya adalah keberbedaan kemampuan fisik/mental yang selanjutnya kita sebut juga dengan disabilitas.

Pada intinya, lanjut Hendra Surbakti, kita harus mempunyai sikap yang inklusif, karena lingkungan inklusif adalah lingkungan sosial masyarakat yang terbuka, ramah, meniadakan hambatan dan menyenangkan karena setiap warga masyarakat tanpa terkecuali saling menghargai dan merangkul setiap perbedaan.

Apresiasi disampaikan Bapak Armen Ginting, atas kehadiran Ketua DPC HMKI Tangsel beserta pengurus lainnya ke kediamannya untuk menjelaskan dan mensosialisasikan visi misi HMKI yang menurutnya sangat baik untuk kemajuan masyarakat Karo khususnya di perantauan.

“Tentunya, ini dapat menjadi tempat/wadah kita (masyarakat Karo) untuk berkumpul, saling tukar pikiran demi kemajuan masyarkat karo khususnya para generasi muda yang lahir dan besar di tanah perantauan agar mereka semakin mengetahui dan belajar tentang budaya dan adat istiadat daerahnya.”tuturnya.(@2022)