oleh

Kodim 0105/Abar Gelar Samapta Periodik Sebagai Tolak Ukur Kemampuan Jasmani Prajurit

-TNI-117 views

Viralreporter5.com, Aceh Barat – Dalam rangka meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fisik Prajurit, Kodim 0105/Aceh Barat melaksanakan kegiatan Test Samapta Periodik Semester ll bertempat di Lapangan Kesrem wilayah lM 04.02 Meulaboh Jalan Pocut Baren Ujong Karang, Selasa (23/11/2021)

Sebelum melaksanakan Garjas, terlebih dahulu diawali dengan pengecekan personil yang akan ikut melaksanakan test samapta dan dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi para peserta oleh petugas Kesehatan dari Kesrem lM 04.02 Meulaboh.

Saat pengecekan nyata, Pasi Pers Kodim 0105/Abar Kapten lnf Muhammadar dalam pengarahan singkat kepada peserta Samapta agar dalam pelaksanaannya benar – benar memperhatikan faktor keamanan serta tetap memperhatikan prosedur Protokol Kesehatan supaya berjalan aman dan lancar hingga akhir.

“Tes kesegaran jasmani (Samapta) ini sangatlah penting, tidak hanya sebatas mengukur tingkat kebugaran fisik Prajurit, namun berfungsi juga sebagai metode menganalisa apakah gaya hidup sudah baik atau belum. Juka hasilnya tidak, maka harus ada perbaikan pola hidup. Ini adalah Program yang harus dilaksanakan, untuk itu patuhi aturan dan instruksi dari Panitia demi keamanan bersama”, ujar Pasi Pers

Senada dengan Pasi Pers, Binjasmil Korem 012/TU Serma Ujang Solihin menyampaikan ada beberapa item yang dinilai dalam test kesemaptaan jasmani, meliputi Kesamaptaan “A” yaitu lari selama 12 Menit dan Kesamaptaan “B” yang terdiri dari Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shuttle Run serta Lunges. Yang pelaksanaannya diawasi dan dinilai langsung oleh Tim Asstensi dari Jasrem 012/Teuku Umar.

Di lokasi berbeda, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., saat memberikan keterangan Pers mengatakan bahwa kegiatan Samapta secara berkala ini dilakukan untuk mengukur dan meningkatkan serta mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan jasmani yang dimiliki oleh setiap Prajurit.

Selain untuk mengetahui kondisi dan kebugaran fisik, Samapta ini juga bisa menunjang kelengkapan administrasi guna usulan kenaikan pangkat (UKP), persiapan alih golongan (Pendidikan) maupun program lainnya.

“Test kesegaran Jasmani Periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit secara teratur dan berjenjang. Setiap Prajurit dituntut membina fisik agar tetap prima dan mutlak harus memiliki kemampuan Jasmani yang baik, dihadapkan dengan tantangan tugas pokok dan aktivitas keseharian di lapangan yang semakin banyak. Oleh karenanya, Kesamaptaan Jasmani yang baik merupakan modal utama dalam mendukung keberhasilan tugas terutama di wilayah Kodim 0105/Abar”, ulas Dandim Dimar

Bukan hanya itu, lanjut Dandim, test Samapta ini juga sebagai tolak ukur kemampuan Personil. Sehingga dengan kondisi fisik yang prima diharapkan dapat mengemban tugas secara maksimal. (vr5@2021/lingga)