Kongres III DPN Peradi, Dr. Juniver Girsang, SH,.MH Terpilih Ketua Umum Peradi 2020-2025

Jakarta -viralreporter5.com | Dalam Kongres Ke III DPN, Dr. Juniver Girsang, SH,.MH terpilih kembali menjadi Ketua Umum DPN Peradi untuk masa bakti 2020-2025.  Juniver ditetapkan sebagai ketua umum setelah memiliki 84% suara mengalahkan saingannya Patra M Zen.

Dalam Pemilihan Ketua Umum DPN Peradi yang dilakukan dengan sistem pemilihan umum menggunakan teknologi elektronik (e-voting) berlangsung alot.

Persaingan suara berjalan alot diantara dua kandidat antara Juniver Girsang, SH,.MH dan Patra M Zen yang maju dalam pemilihan yang diadakan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Sabtu, (29/02/2020).

Hasil akhir, suara terbanyak diraih Dr. Juniver Girsang, SH,.MH memiliki 84% suara mengalahkan saingannya Patra M Zen yang memiliki 13% suara dan 1 suara abstein.  Juniver terpilih dan ditetapkan kembali menjadi Ketua Umum DPN Peradi periode 2020 – 2025 untuk memimpin organisasi advokat tersebut.

Sebelumnya ada tiga kandidat yang siap maju menjadi Ketua Umum DPN Peradi, namun salah satu kandidat yaitu Harry Ponto memutuskan mundur, sehingga dua kandidat yang maju dalam pemilihan tersebut.

Pimpinan Sidang Tisye Erlina Yunus, membacakan hasil keputusan, bahwa sesuai Nomor 08/MUNAS3/Peradi/2020 pimpinan advokat Indonesia menimbang dan memperhatikan memutuskan, menetapkan, dan mengesahkan Juniver Girsang sebagai Ketua Umum Peradi masa bakti 2020 – 2025. Dan dinyatakan secars resmi Dr. Juniver Girsang, SH,.MH kembali menjabat Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Dikutip dari indopos86.com, Ketua Panitia Sidang Munas III Peradi mengatakan, “Proses pemilihan dilakukan oleh Peradi Suara Advokat Indonesia, merupakan satu peristiwa sejarah yang menunjukkan Peradi SAI adalah “pionir dan role”, artinya model pemilihan dengan e-voting.”

Dalam proses model pemilihan sistem one person one vote (OPOV), sebanyak 501 peserta Munas yang teregistrasi menggunakan mekanisme e-voting dengan memindai kartu registrasi yang dimiliki masing-masing peserta.

Dengan aba-aba dari panitia, peserta munas menggunakan ponsel masing – masing memilih calon ketua umum pilihannya. Sedangkan rekapitulasi suara langsung terlihat di layar lebar yang dapat disaksikan seluruh peserta. Hanya hitungan 20 menit kemudian, seluruh suara dapat dilihat di layar dengan hasil maksimal.

Sementara itu, Juniver sendiri mengatakan Munas III, Peradi-SAI telah melaksanakan demokrasi yang betul-betul sejati dengan menerapkan sistem one person one vote (OPOV) dalam mekanisme pemilihan ketua umum. Melalui, OPOV telah mengakomodasi hak para anggota secara penuh.

“Kami tentunya sudah membuat satu terobosan yang tidak pernah diduga oleh organisasi lain. Dengan sistem OPOV, setiap anggota yang hadir dapat menggunakan haknya secara penuh untuk memilih ketua umumnya, kata Juniver. (vr5/*Lingga)

Check Also

KPK Tangkap Dan Tahan Tersangka Dugaan TPK Berupa Penerimaan Hadiah Atau Janji Oleh Penyelenggara Negara

Jakarta,  viralreporter5.com | Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK – red) telah melakukan kegiatan tangkap tangan …