Koramil 07/Pondok Aren Gelar Pengembaraan/Kemah Perjusa Pramuka SWK, “Tingkatkan Intensitas Dan Kualitas SWK”

VIRALREPORTER5.COM, TANGERANG SELATAN | Koramil 07 Pondok Aren Kodim 0506/Tangerang secara konsisten melakukan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika TNI AD melalui kegiatan Pengembaraan/Kemah Perjusa Pramuka Saka Wira Kartika Angkatan 7, bertempat di Lapangan Kec Pondok Aren Jl Graha Bintaro Kel Perigi Baru Kec Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, Jum’at (13/12/19).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plh Danramil 07/Pondok Aren Plh Kapten Arh Samsuri dan diikuti 7 anggota TNI personil pendukung, 4 personil Bakorkomwil dan 15 orang Instruktur Saka Wira Kartika serta 34 anggota Saka Wira Kartika.

Untuk kegiatan kali ini mengangkat tema, “Melalui pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika TNI AD siap membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa ksatria guna menumbuhkan rasa cinta Tanah Air demi menjaga keutuhan NKRI”.

Baca juga :   Bangun Kesadaran Warga Dalam Pencegahan Covid-19, Babinsa Dan Babinkamtibmas Ancol Aktif Lakukan Komsos

Disampaikan Plh Danramil 07/Pdk Aren Kapten Arh Samsuri, pembentukan dan pembinaan generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa ksatria guna menumbuhkan rasa cinta Tanah Air demi menjaga keutuhan NKRI.

“Sebagai generasi muda kita harapkan memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.”ujarnya.

Kapten Arh Samsuri juga berpesan kepada peserta perkemahan agar terus meningkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda.

Dalam kegiatan Pengembaraan/Kemah Perjusa Pramuka SWK Angkatan 7 ini, diberikan materi pokok 5 Krida dengan dibagi lima pos yang saling berbeda kegiatanny, seperti,

• Pos pertama, para anggota SWK diberikan pelatihan Krida navigasi darat yang merupakan satu dari kegiatan teknik kepramukaan dalam mempelajari medan. Para Anggota Pramuka kerap kali melakukan kegiatan petualangan. Selain itu materi Syarat Kecakapan Khusus (SKK ) seperti penggunaan Kompas Siang, Orientasi Peta, Tanda tanda Peta dan mengenal bagian besar kompas dan fungsinya serta membaca sudut kompas

Baca juga :   Jumat Berkah, Persit KCK Ranting 07 Setiabudi Cabang XVIII Kodim 0504 Bagikan 100 Nasi Kotak

• Pos kedua memberikan materi survival, dimana anggota SWK dibekali diri dengan pengetahuan survival dengan tujuan mampu mempertahankan diri dari keadaan tertentu dialam terbuka. Selanjutnya juga diberikan pengenal jenis tumbuhan dan hewan yang bisa di makan dialam sekitarnya. Kemudain dilanjutkan sholat jumat bersama di Masjid Al Mukminin Kel Perigi Baru.

• Pos ketiga, memberikan Mountainering dengan teknik mendaki gunung dan dilanjutkan SKK seperti teknik turun tebing/Rapling dan turun Hesti, Pengenalan peralatan climbing, cara menggunakan tali webing, cara menggunakan Carabiner dan cara menggunakan Figur eight

• Pos keempat adalah Krida Pioneering yang merupakan salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek. Sedangkan SKK dengan Berbivak/pembuatan sengkuap, tali temali, cara membuat tandu darurat dan cara membuat sengkuap/bivak dan fungsinya.

Baca juga :   Kerja Bakti Di Petamburan Untuk Ciptakan Lingkungan yang Sehat, Layak dan Nyaman

• Pos ke lima adalah Krida Penanggulangan bencana, dengan SKK pengenalan Komunikasi radio, PPGD, memasak, aplikasi komunikasi radio dari pos tinjau ke posko, menolong korban banjir, cara mengangkat korban ke tandu, cara memapah korban dan memasak/dapur umum untuk korban bencana. (VR5/*lingga)

Related post: 

• Peringati Hari Juang TNI AD, Koramil 03/GP Gelar Baksos di Panti Werdha Wisma Mulia Jelambar

• Koramil 06 Kalideres Gelar Bakti Sosial Dalam Rangka Hari Juang TNI Ke 70 Tahun 2019

• Lurah Duri Selatan menemui Kasdim 0503/JB

Check Also

Dukung Pembangunan Desa, Babinsa Cibugel Sertu Aminudin Hadiri Musrenbang Desa

Viralreporter5.com, Kodam Jaya, Tigaraksa – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa adalah forum musyawarah tahunan para …