oleh

Koramil 15/Sanden bersama POPT Dan PPL Kapanewon Sanden Aksi Pengendalian Organisme Pengganggu Pada Tanaman Jagung

-TNI-11 views

Bantul – Dalam rangka melindungi tanaman jagung yang ada di wilayah kapanewon Sanden dilaksanakan kegiatan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) oleh Koramil 15/Sanden bersama POPT dan PPL bersama-sama dengan para petani jagung di wilayah Pok Tani Subur Makmur Sanggrahan Murtigading Sanden.

Selaku petugas POPT di Kapanewon Sanden Sunardi menjelaskan, bahwa penyakit hawar atau busuk batang pada tanaman jagung bisa dibasmi dengan cara kimiawi dengan racun insektisida atau dengan cara agensi hayati. Di samping itu, pelestarian musuh alami parasit, predator dan patogen serangga merupakan faktor pengendali hama penting yang perlu dilestarikan dan dikelola agar mampu berperan secara maksimum dalam pengaturan populasi hama di lapang. Untuk menekan dan mencegah penyebaran yang lebih luas, harapannya dengan gerakan penyemprotan dengan agen hayati ini mampu menekan tingkat serangan hama sehingga tanaman jagungnya bisa berproduksi optimal.

Sementara itu Batuud Peltu Agung Triono yang mewakili Danramil 15/Sanden pada kesempatanya menyampaikan bahwa kegiatan penyemprotan ini hasil koordinasi berdasarkan laporan dari para petani yang menyampaikan kepada ketua Poktan dan Babinsa Murtigading Murtigading Sertu Supriyanto yang diteruskan kepada Danramil Kapten Cba Mardiyono sehingga dilaksanakan koordinasi kepada PPL dan POPT Sanden guna penanggulangan penyakit busuk batang tanaman jagung yang cukup meresahkan para petani tersebut. Semoga dengan gerakan penanggulangan penyemprotan organisme pengganggu tanaman jagung dengan agen hayati bantuan dari pemerintah Kaurahan dan Dinas Pertanian tersebut bisa mengendalikan hama yang cukup meresahkan para petani tersebut dan petani bisa panen jagung dengan maksimal,” Ungkapnya.

Hadir pada kegiatan penyemprotan pengendalian organisme pengganggu tanaman jagung di lahan sawah Kabregan itu antara lain POPT Kapanewon Sanden bapak Sunardi, petugas dari PPL Kapanewon Sanden Ibu Dwi, pamong Kalurahan Murtigading, Ketua Pok Tani Subur Makmur bapak Sunarto, Danramil 15/Sanden diwakili Batuud Peltu Agung Triono, para Babinsa dan warga Poktani Subur Makmur Sanggarahan Murtigading Sanden.