oleh

Melalui Gotong Royong Babinsa Koramil 4242-07/Gdr Dukung Petani Sukseskan Swasembada Pangan

-TNI-149 views

Serda Hayadi Babinsa Koramil 424-07/Gdr, Pekon Gadingrejo Timur Kec Gadingrejo Kab Pringsewu melaksanakan gotong royong perbaikan tanggul irigasi persawahan Pekon Gadingrejo Timur bersama kelompok Tani. Senin (31/01/22).

Tanggul saluran induk irigasi tersebut jebol di beberapa titik akibat diterjang hujan deras setelah diguyur hujan yang terus-menerus selama sepekan sehingga tidak mampu menahan air. Selain itu, genangan air juga merendam beberapa sawah milik masyarakat di wilayah tersebut.

Wintolo (45), salah seorang warga menyampaikan ucapan terima kasih Bintara Pembina Desa serta masyarakat sekitar atas pelaksanaan kegiatan tersebut. “Semoga dengan perbaikan tanggul ini dapat mengakhiri ancaman masyarakat tani dan warga yang berada di daerah hilir, dan dapat terus mengaliri areal sawah yang dialiri saluran tersebut,” harapnya.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah Babinsa bersama masyarakat laksanakan gotong royong perbaikan tanggul yang jebol akibat guyuran hujan yang terus menerus melanda kawasan tersebut. “Perbaikan tanggul yang jebol memang harus segera diperbaiki, karena mengingat saat ini adalah musim penghujan, sehingga apabila tidak segera di perbaiki, sewaktu waktu hujan turun lagi, maka air di saluran irigasi ini akan lancar memasuki lahan lahan persawahan, “ kata Serda Haryadi

Babinsa Serda Haryadi telah mengingatkan warga sebelumnya, agar lebih waspada dan selalu melaporkan setiap perkembangan yang mengarah kepada kerusakan tanggul, hal ini telah diantisipasi Babinsa saat dirinya melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian di area sawah tersebut, “Saya sudah melihat tanda tersebut, namun ketika hujan deras tiba tanggulpun tidak mampu menahan luapan air, sebelumnya sebagian tanggul telah kita perbaiki satu hari sebelum tanggul tersebut rusak saat ini, meski begitu kini telah ditangani dengan memasang beberapa karung pasir untuk sementara waktu, “ ujarnya.

Pihak warga rencananya akan segera memperbaiki tanggul tersebut dalam waktu dekat dengan bangunan permanen, agar lebih kuat. Dengan adanya kegiatan Gotong royong ini masyarakat sangat senang karena besar manfaatnya bagi masyarakat terutama untuk pengairan sawah.