Menurunnya Anggaran KPPU Tahun 2020, KPPU Guntur S Saragih Menyikapi Dengan Bijak, Genjot Peningkatan SDM

VIRALREPORTER5.COM, Jakarta |Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Guntur Syahputra Saragih, menyampaikan secara bijak dihadapan para media terkait perubahan anggaran KPPU tahun 2020 bertempat di ruang Media Center KPPU, Jl Ir. Haji Juanda, Senin (9/12/19).

Meskipun terlihat dari raut wajahnya, Guntur Syahputra Saragih dapat menyembunyikan kegundahannya dihadapan para awak media.

Dijelaskan Guntur, penurunan anggaran KPPU tidak mempengaruhi kinerja para jajarannya untuk memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Memang diakuinya, penurunan ini berimbas terjadinya pengurangan jumlah pegawai KPPU. Tetapi, kita akan tingkatkan kinerja dan skill Sumber Daya Manusia (SDM)  sehingga penurunan anggaran tidak mempengaruhi kinerja KPPU kedepannya.

“Dua tahun sebelumnya, anggaran kami berkutat di angka Rp 134.795.000.000 (2018), dan Rp 136.631.030.000 (2019). Namun tahun 2020 ini, anggaran KPPU menurun menjadi Rp 130.338.589.000. Ada selisih penurunan sebesar 6 Milyar lebih,  “jelasnya.

Insert. Tren Pagu Dan Realisasi Anggaran KPPU

Diakui oleh Guntur dengan anggaran yang menurun, tentunya beban kerja ditanggung oleh pegawai semakin bertambah. “Ada beberapa divisi sudah overload melebihi batas dan perlu diadakan perampingan sehingga efisiensi kinerja semakin tepat sasaran. “kata Guntur.

“Otomatis kerjaan yang ditinggalkan pegawai sebelumnya dipikul oleh pegawai lain. Tetapi itu tidak masalah, karena kita berkomitmen untuk terus meningkatkan SDM yang ada di jajaran KPPU agar mereka mampu menjalankan tugas dengan baik, “tuturnya.

Baca juga: Menyambut Hari Natal, Satgas Raider 300 Memberikan Hadiah Natal Kepada Anak-Anak Papua

Baca juga: LPSK, “Penyelesaian Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu”

Baca juga: Dubes RI Untuk Lebanon Bangga Kinerja Satgas MPU Konga UNIFIL

Menurunnya anggaran KPPU di tahun 2020 juga berimbas terhadap gaji pegawai yang harus dipotong,. Hal ini disebabkan anggaran yang stagnan. Tetapi untuk jumlah aparatur sipil negara (ASN) naik.

Sebenarnya, kata Guntur,  KPPU membutuhkan anggaran yang optimal karena KPPU selama ini mengerjakan tiga 3 Unit kegiatan yaitu,
• Penyelidikan,
• Penyidikan, dan
• Persidangan.

“Ketiga unit ini harus KPPU kerjakan dan tidak terpisahkan. Seperti contoh, kalau di pengadilan tentunya yang menangani pengadilan, polisi menangani penyelidikan, sedangkan jaksa menangani penyidikan. Sementara di KPPU sendiri, Kami mengerjakan ketiga hal tersebut,” katanya.

Sementara itu objek KPPU sendiri meliputi, para pelaku usaha dan tata cara penanganannya yang berbeda. Hal inilah mengapa kami mengharapkan adanya penguatan anggaran untuk KPPU.

“Namun dengan penurunan anggaran di tahun 2020, Kami jajaran KPPU akan lebih meningkatkan kontribusi kedepannya. Semoga di tahun berikutnya akan terjadi penguatan anggaran terhadap KPPU sehingga kinerja semakin maksimal,”tutupnya. (VR5/*lingga)

Check Also

Bersama Tri Pilar Anggota Koramil 05/Ciputat Operasi Yustisi di Ciputat

Tangerang Selatan, viraleporter5.com | Upaya membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Covid-19, Babinsa Koramil 05/Ciputat Kodim …