Home / Polri / Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor di Banjarnegara Teratasi Oleh Korem 071/Wijayakusuma

Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor di Banjarnegara Teratasi Oleh Korem 071/Wijayakusuma

VIRALREPORTER5.COM, BANJARNEGARA |Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., Selaku Komandan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tanah Longsor di Desa Kebutuh Jurang, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara melaksanakan inspeksi tahap pra bencana yang dilaksanakan oleh kodim 0704/Bna. Rabu (6/11/2019).

Danrem 071/Wijayakusuma selaku Danlat memiliki peran untuk mengendalikan jalannya latihan baik pengendalian secara administrasi maupun operasional.

Pada kesempatan yang bersamaan Danlat juga meninjau Poskotis Kodim 0704/Bna untuk menilai seberapa jauh fungsi poskotis yg digunakan oleh peserta latihan dalam kegiatan penanggulangan bencana alam, yang diakhiri dengan memantau secara langsung kegiatan peserta latihan di lapangan.

Baca juga :   Kunjungi Posko TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel Danrem 032/Wbr Bagikan Paket Sembako

Selesai melaksanakan inspeksi di lapangan Danrem 071/Wk berkesempatan memberikan pengarahan dan penekanan kepada seluruh peserta latihan.

Kolonel Dani mengatakan “Latihan terpadu penanggulangan bencana alam dilaksanakan untuk mendapat gambaran tentang kemampuan dan kesiapsiagaan operasional Kodim 0704/Banjarnegara dalam penanggulangan bencana alam. Selain itu, untuk menguji validitas Rencana Tindakan Kontijensi (Rentikon) dalam rangka perbantuan TNI kepada Pemda serta untuk mensinkronkan langkah dan tindakan TNI dengan Polri, Pemda, BPBD, Ormas, LSM, Relawan dan masyarakat agar terdapat kesamaan visi, persepsi dan interprestasi tentang prosedur dan tindakan teknis dalam penanggulangan bencana alam diwilayah Banjarnegara”, terangnya.

Baca juga :   Presiden Jokowi Perintahkan Semua Kementerian Turun ke Bawah Bantu Korban Banjir

Menurutnya, penanganan bencana alam diperlukan langkah-langkah yang cepat, tepat dan terintegritas sehingga bencana alam tersebut dapat tertangani dengan optimal, baik pada saat terjadi maupun paska bencana alam.

Baca juga :   Pangdam VI/Mulawarman Buka Rapin Kodam VI/Mulawarman Tahun 2020, Wakil Ketua KPK Hadi Sebagai Narasumber

“Tindakan mitigasi bencana perlu bagi masyarakat yang berada dikawasan rawan bencana. Karenanya, harus dipersiapkan sejak dini untuk mengantisipasi terjadinya bencana, dengan meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap tanda-tanda alam/gejala-gejala akan terjadinya bencana”, ungkapnya. (vr5/*)

About admin

Check Also

Satgas Yonif 512 Perserta Hubungan Kekeluargaan  Dengan Mengunjungi Kepala Kampung Perbatasan Papua

Viralreporter5.com, Keerom – Untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan untuk menciptakan kebersamaan dalam membangun wilayah …