MoU Himpenindo Tangsel Dengan Fakultas Tehnik, MIPA Dan LPPM UNPAM

VIRALREPORTER5.COM, TANGERANG SELATAN | Dalam rangka pelaksanaan program penguatan jejaring dan kerjasama, Himpenindo Kota Tangerang Selatan yang dibentuk 4 Oktober 2019 lalu, telah menandatangai perjanjian kerjasama (PKS) dengan Fakultas Teknik, Fakultas MIPA dan LPPM Universitas Pamulang (UNPAM). Para pihak telah sepakat untuk melaksanakan kerjasama tarkait dalam bidang pemberian kesempatan penelitian bersama, kuliah tamu, seminar, dan pelatihan baik untuk dosen maupun mahasiswa.

Penandatanganan PKS disaksikan oleh rektor UNPAM, Dr. Dayat Hidayat, M.M dan pengurus pusat himpenindo yang diwakili sekretaris jendral (Dr Hadi Supratikno) di lantai 10 Kampus II Viktor pada Hari Sabtu tanggal 16 November 2019.

Pada kesempatan sambutannya ketua Himpenindo Kota Tangerang Selatan, Prof. Dr. Ratno Nuryadi menjelaskan tentang Himpenindo Kota Tangerang Selatan yang belum lama dibentuk, latar belakang pembentukan, keanggotaan serta program kerja yang akan dilaksanakan.

Baca juga :   Peringatan Hari Pahlawan, Jadilah Pahlawan Masa Kini yang Membanggakan Negeri

Sebagai sesama pelaku penelitian, peluang kerjasama antara dosen, pejabat fungsional peneliti, perekayasa, dan pranata nuklir yang terhimpun dalam organisasi profesi Himpenindo sangat terbuka dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas output penelitian.

Lebih detail terkait Himpenindo sampaikan oleh Sekjen Himpenindo yang menjelaskan tentang sejarah, urgensi, kepengurusan serta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan Himpenindo sebagai organisasi profesi yang menghimpun para pelaku penelitian di lingkungan lembaga atau badan penelitian, perguruan tinggi maupun industri.

Sedangkan UNPAM yang memiliki lebih dari 91,000 mahasiswa dan 2,200 dosen menyampaikan banyak harapan sebagaimana disampaikan Dr. Dayat Hidayat, M.M, selaku rektor. Harapan tersebut diantaranya: 1. Dosen-dosen UNPAM berpendidikan minimal S2 dan memiliki tugas penelitian diharapkan dapat bergabung dengan Himpenindo sehingga keanggotaan Himpenindo Kota Tangerang Selatan menjadi sangat besar; 2. Melalui Himpenindo Kota Tangerang Selatan diharapkan terjalin kerjasama penelitian dengan saling memanfaatkan kompetens SDM serta fasilitas yang dimiliki serta dapat meraih hibah riset bersama; 3. Keahlian para dosen dalam mengemas hasil penelitian dalam bentuk publikasi maupun perlindungan hak kekayaan intelektual diharapkan dapat semakin terasah dengan bantuan dari anggota Himpendo yang lebih berpengalaman; 4. Implementasi hasil-hasil penelitian di kampus UNPAM.

Baca juga :   Dandim 0808/Blitar Sambut Kedatangan KKL Sespimmen Polri Dikreg ke 59 Ke Makodim 0808/Blitar

Yayasan Sasmita Jaya yang menaungi UNPAM, berkomitmen kuat untuk mengimplementasikan hasil-hasil penelitian sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

Rektor memberikan beberapa contoh hasil penelitian yang telah diimplementasikan oleh UNPAM, seperti pengembangan jati belanda, pembangunan insinerator dan lain-lain.

Baca juga :   Dengan Perahu Karet, Dandim 0506/Tgr Didampingi Danramil 07/Pdk Aren Monitor Lokasi Banjir

Langkah konkrit kerjasama, ditindaklanjuti dalam diskusi teknis antara perwakilan pengurus Himpenindo Kota Tangerang Selantan dengan dekan fakultas teknik (Syaiful Bakhri, PhD.) dan jajarannya.

Hasil diskusi menyepakati perlunya menyusun program bersama untuk meningkatkan kualitas proposal riset dan publikasi dalam jurnal ilmiah internasional yang bereputasi dalam bentuk workshop atau klinik Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Program-progam lain seperti klinik penulisan paten juga akan disusun dengan melihat tuntutan kegiatan untuk meningkatkan nilai akreditasi UNPAM dan berbagai potensi yang dimiliki Himpenindo Kota Tangerang Selatan
Penandatangaan PKS antara Himpenindo Kota Tangerang Selatan dengan Universitas Pamulang ini akan menjadi modal awal dalam mendekatkan peneliti dan hasil penelitian dengan masyarakat. (vr5/*)

Check Also

Jelang Parluh PSHT Pusat Madiun, Ini Pesan dan Harapan Danrem 081/DSJ

Viralreporter5.com, Kota Madiun – Menjelang kegiatan Parapatan Luhur (Parluh) dari PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) Pusat …