“Ngobar Anak Muda”. Teddy Meiyadi Asda III : Generasi Muda Harus Miliki Kelebihan, Bukan Generasi Muda Yang Selalu Sama

VIRALREPORTER5.COM, TANGERANG SELATAN | Bertempat di “Jambore Kita Coffee” di Jl Merpati Kp Sawah, Kecamatan Ciputat diadakan “Ngobar Anak Muda”, Jum’at (23/10/19) dengan bahasa perkembangan anak muda di zaman milenia khususnya di Kota Tangerang Selatan.

Dalam Ngobrol Bareng Anak Muda (Ngobar Anak Muda), dihadiri Teddy Meiyadi Asda III Tangsel, Kabid Pariwisata Ibu Irma K,  Ilham Suyatno Kasi Peningkatan Kreativitas Pemuda Dispora Tangsel, Bima Sakti; ST., Kasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispar Tangsel, Ibu Maya Elsera, S.STP, M.Si Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan para organisasi seperti ASA, Gugus Darma, Gema CMR, PMII, Insano dan awak media berlangsung interaktif dan santai.

Ngobar ini, kedua kalinya diadakan dengan tujuan menjadi tempat berdiskusi santai dengan sasaran yang positif.   Banyak yang dapat dipetik di “Ngobar Anak Muda” ini.
Saat obrolan itu, Teddy Meiyadi yang juga Asda III Kota Tangerang Selatan menyampaikan, perlunya generasi muda yang memiliki kelebihan dan bukan generasi muda yang selalu sama.

Artinya kata Teddy, ada yang harus dimiliki anak muda untuk memiliki kelebihan seperti, berkontribusi untuk membuat suatu perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Mari dimulai dengan melakukan perubahan secara positif dengan menyikapi perubahan yang ada.
Dua hal yang harus dicermati dan dipahami yaitu pelaku pembangunan dan managemen.
Setelah yang pertama dikuasai maka kuasai juga managemen dengan lima fungsinya seperti,
1. Perencanaan (Planning)
2. Pengorganisasian (Organizing)
3. Pengarahan (Actuating)
4. Mengkoordinasi (Coordination)
5. Pengendalian (Controlling)

Baca juga :   Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Penanganan Covid-19, Anggota DPD RI Kunjungi Kodam XVIII/Kasuari

Ketika orang tersebut sudah  mengerti dan paham, dua ini akan mengeluarkan output yang positif. Nah..sekarang posisi kita ada dimana, semua tergantung kepada diri kita untuk menempatkan posisi tersebut,”ujar Teddy.

Itu pilihan kita sebagai generasi muda kedepannya. Karena pemahaman kedua hal itu, ujungnya adalah mendapatkan penghargaan dan aktualisasi, itulah leader. Tetapi kalau kita mengharapkan sandang,  pangan dan papan itu adalah rakyat.

Lanjutya lagi, leader seharusnya memberi dan rakyat harus menerima. Persoalannya jangan sempat leader menerima, kapan rakyat menerima. Artinya kata Teddy, ada yang memberi dan ada menerima,  ada aktualisasi diri dan ada kebutuhan. Menjadi sosok leader sudah dimulai saat menjadi Kepala Rumah Tangga, Ketua RT,  Ketua RW,  Lurah, Camat hingga Walikota. Ini semua adalah leader.

Banyak hal yang musti kita pelajari dan pahami kata Teddy lagi, Mari kita rasakan sehari-hari, bahwa generasi muda kita sekarang ini lebih cerdas dan agresif. Untuk mencapai hal positif, kita harus siap berubah dan tidak mudah emosi menyikapi persoalan yang ada.  Karena itu, sebagai generasi muda mulailah berubah dan bersikap positif.”kata Teddy.

Baca juga :   Dandim Bagikan Bingkisan dan THR Kepada Anggota

Diakhir obrolan tersebut, Teddy menitipkan berpesan,  kalau komunitas ini ingin berkembang, bersiaplah kalian (para anak muda) menjadi pemuda yang berubah kearah positif, karena kedepan persaingan akan dimenangkan anak muda yang memiliki kelebihan,”akhirnya.

Sedangkan Ilham Suyatno Kasi Peningkatan Kreativitas Pemuda Dispora Tangsel mengatakan, kegiatan kedua kalinya yang diadakan ini memberikan aura positif terhadap komunitas yang ada di Kota Tangerang Selatan.

“Sebelumnya di taman jajan Leguti,  dan keduanya di Jambore Leadership ini. Alhamdulillah, apa yang disampaikan Asda III, tentunya pemangku kepentingan yang ada di Tangsel akan memfasilitasi para pemuda dengan catatan, kita punya panggung jawab untuk berubah.  Kita para organisasi pemuda yang hadir jangan terkesan eksklusif tetapi kita seharusnya Inklusif dengan memiliki kelebihan yang dimiliki. Kelebihan yang dimiliki harus kita saling berbagi kepada organisasi lain sehingga terjalin komunikasi searah serta kolaborasi yang baik kedepannya.

Dengan demikian, pemuda tangsel kuat, tangsel hebat, karena hebatnya Tangsel karena adanya pemuda tangsel yang kuat. Selain itu,  dipwriode ketiga nanti, ada ada gebrakan peningkatan SDM pemuda. Dari sekarang, mari kita bersiap-siap tingkatkan SDM sehingga karena kemungkinan kedepannya di pemerintah periode ke tiga ini yang di gebrak adalah SDM nya dan kita harus siap. Kata lainnya ” tidak ada kata tidak siap”, tegas Ilham.

Baca juga :   Menumbuhkan Cinta Tanah Air Satgas Raider 300 Memberikan Wawasan Kebangsaan

Ditambahkan Ilham, kita dari pemberdayaan pemuda punya rasa tanggung jawab agar pemuda tangsel adalah pemuda yang berdaya guna kedepannya. Istilahnya agent of Change, agent Development and agent Moderanisasi. Melalui “Ngobar Anak Muda” dapat menjadi tonggak awal kebangkitan pemuda secara nyata dan bukan sebatas fatamorgana.”tungkas Ilham.

Sementara itu, Ibu Maya Elsera, S.STP, M.Si Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan, dari 16 sektor di Dinas Pariwisata,  ada 6 sektor yang sangat potensial di Kota Tangsel
Untuk  sektor Griya, Fashion dan Kuliner adalah sektor yang tidak dapat dipisahkan dan sudah wajib. Kedepan, kita akan mendorong sektor kesenian dan animasi digital secara intensif di era digitalisasi saat ini.

Intinya, mari kita bersama-sama meningkatkan komunikasi yang lebih intens, sehingga ide-ide dan saran yang disampaikan para komunitas dapat menjadi masukan yang akan kita kumpulkan dan rangkum menjadi satu.
Kedepannya ketika ada even dapat kita tampilkan. Ini adalah salah satu bentuk kreativitas dan inovasi dari  komunitas anak muda yang ada di Kota Tangerang Selatan.”tuturnya. (VR5)

Check Also

Babinsa Loa Janan dan Warga Desa Purwajaya Bersihkan Sisa Longsoran

Viralreporter5.com, Samarinda – Babinsa Koramil 0906-03/Loa Janan Kodim 0906/Tenggarong Serka Yardin melakukan pengecekan tanah longsor …