Pakaian Adat Warnai Upacara Sumpah Pemuda Ke 91 Kota Tangsel, H Benyamien Danvie Bangga Kenakan Pakaian Puak Pakpak Dairi

VIRALREPORTER5.COM, TANGERANG SELATAN | Banyak kesan dan pesan yang di dapat saat memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 91 di Kota Tangerang Selatan saat pelaksanaan Upacara bendera, bertempat di Lapangan Sunburst Serpong, Kota Tangerang Selatan,  Senin (28/10/19) kemaren.

Peserta yang hadir, berpakaian adat mewarnai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 91 itu. Salah satunya Wakil Walikota Tangsel H Benyamien Davnie berpakaian adat dari Sumatera Utara dari Puak Pakpak Dairi.

Saat ditemui media usai pelaksanaan upacara, H Benyamien Davnie mengatakan, bangga dengan pelaksanaan upacara kali ini lantaran mengangkat pakaian adat yang ada di Indonesia.

“Saat upacara, bukan saya saja yang mengenakan pakaian daerah, banyak juga pakaian daerah dari etnis lain, seperti Jawa, Aceh, Sunda, Betawi, Melayu, Kalimantan, Papua dan daerah lainnya. Hal ini melambangkan kesatuan rakyat Indonesia khususnya di Kota Tangerang Selatan yang beragam suku, ras, dan agama ada disini tetap bersatua, “ujarnya.

Baca juga :   Capai 100%, Kodim 1207/BS Rampungkan Program TMMD ke-107

Wakil Walikota mengatakan, penggunaan baju daerah sebagai bentuk rasa cinta tanah air dengan keanekaragaman budaya. Kita sadar bahwa Indonesia ini negara yang multikultur, agama, dan etnik. Dari keragaman itulah yang membuat kita semakin bersatu untuk membangun negara, khususnya membangun Kota Tangerang Selatan.

Keaneka ragaman budaya yang kita miliki, menunjukkan Indonesia kaya dengan budayanya dan semua disatukan dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika dengan dasar negara kita yaitu Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan persatuan dan kesatuan akan menjadi kekuatan yang sangat dasyat. “ujarnya.

Baca juga :   Babinsa Cilenggang Lakukan Komsos Capai Kamtibmas

Saya menggunakan pakaian masyarakat Batak dari Puak Pakpak Dairi, tentunya memiliki alasan tersendiri. Ini saya siapkan sudah sejak kemarin. Selain mengandung seni budayanya, pakaian ini sangat indah,”katanya.

Dijelaskan H Benyamien Davnie, pakaian khas masyarakat Batak dari Puak Pakpak Dairi yang saya pakai,  ada nilai sejarahnya bagi saya secara pribadi. Ini adalah baju yang diberikan oleh saudara saya dari masyarakat batak khususnya Puak Pakpak Dairi.

Baca juga :   Jaga Kwalitas Pasca Panen, Babinsa Tanjung Tengah, Bantu Jemur Padi Petani

Saat Pesta Budaya yang digelar oleh Perkumpulan Masyarakat Batak (PMB) Kota Tangerang Selatan setahun yang lalu, pakaian daerah ini, saya terima dari para saudara -saudara saya, Puak Pakpak Dairi yang ada di Kota Tangerang Selatan. Mereka memberikan marga “Bancin”, kepada saya, tentunya suatu penghormatan yang tidak bisa dinilai dengan apapun juga.”jelasnya.

“Karena itu, di Hari Sumpah Pemuda Ke 91 ini, saya berpakaian daerah dari Puak Pakpak Dairi.  Saya sangat bangga, mengenakan pakaian ini, terutama di Upacara Sumpah Pemuda Ke 91…. Njuah -njuah.. “tutup Wakil Walikota H Benyamien Davnie. (VR5)

Check Also

Babinsa Koramil 09/Mauk Gotong Royong Cor Masjid Al Muhajirin Tegal Kunir

Viralreporter5.com, Kodam Jaya, Tigaraksa – Bantu masyarakat Babinsa Koramil 09/Mauk Kodim 0510/Trs bergotong royong melakukan pengecoran …