oleh

“Panen Sayur, Bonus Ikan”, Sosok Fathulloh, Warga Tangsel Senang Berbagi Ilmu Metode Akuaponik

-Sosbud-143 views

Viralreporter5.com, Tangerang Selatan – Berbicara Akuaponik sangat menarik dalam menggerakkan pemberdayaan masyarakat guna mendukung serta mensukseskan Ketahanan Pangan yang merupakan program pemerintah.

Hal inilah yang selama ini ditekuni seorang pria bernama Fathulloh penggiat sejati Akuaponik warga Kota Tangerang Selatan sejak tahun 2010 sudah menjadi pembicara dan memberikan pelatihan tentang metode Akuaponik.

Berkat menekuni metode Akuaponik, ia  sejak tahun 2010 sudah menjadi pembicara dan memberikan pelatihan di berbagai tempat, diantaranya;

• Pelatihan Akuaponik binaan PT Telkom, di Jakarta, Bandung, Kota Tangerang (2013,
• Pelatihan binaan Bank Mandiri Jakarta 2014,
• Melakukan pendampingan masyarakat di Pulau Seribu 2014 tentang Akuaponik,
• Pelatihan binaan Bank Indonesia di Jayapura/Papua  tahun 2015,
• Pelatihan dan pembicara tentang Akuaponik binaan Astra Honda Motor (AHM) se-Jabodetabek tahun 2015
• Membentuk Pengurus Pusat Komunitas Petani Kota  Tangerang Selatan tahun 2016,
• Penulis Buku Akuaponik 2016 berjudul Akuaponik, Panen Sayur Bonus Ikan”
• Mendirikan Koperasi Produsen Petani Komunitas Petani Kota Tangerang Selatan Skala Nasional tahun 2017,
• Konsultan Akuaponik binaan Unops PBB di Jakarta tahun 2022,
• Konsultan Akuaponik di pesisir Kalimantan, Jambi, Sumut dan propinsi lainnya di tahun 2022,
• Pembicara di KPKP Jakarta 2022 dan
• Pendiri Sentra Akuaponik Perkotaan – Tangerang Selatan/Program Urban Farming di Gerbang Emas Pamulang Tangsel 2022.

Ditemui disela – sela kesibukannya menata Akuaponik di Gerbang Emas Pamulang, Selasa (13/09/2022) Fathulloh menceritakan ketertarikannya menekuni Akuaponik hingga sekarang, ini. Dikatakannya bahwa Akuaponik merupakan tanam pangan yang bisa dilakukan dimulai dari skala paling kecil dalam rumah tangga, dengan menerapkan teknologi budi daya perpaduan antara sayur dan ikan.

“Ini adalah kombinasi tanaman dan Ikan dalam satu wadah sehingga memberikan keuntungan kepada warga. Jika ditekuni akan meningkatkan perekonomian warga masyarakat sekaligus mendukung program Ketahanan Pangan tersebut. Sedangkan dari sisi perawatan dan pemeliharaannya tidak begitu rumit bahkan bisa dikatakan sangat sederhana karena siapapun bisa melakukannya jika dibarengi dengan ketekunan,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, kegiatan Akuaponik masuk dalam siklus ketahanan pangan yang dapat dilakukan oleh warga dengan tujuan menumbuh kembangkan peran aktif warga masyarakat dalam mencapai ketahanan pangan.

Hal ini dikatakannya bahwa sesuai konsep ketahanan pangan nasional, warga dapat berperan aktif bersama pemerintah untuk mewujudkan tercukupinya pangan secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah sejak menekuni Akuaponik, saya bisa berbagi ilmu kepada warga masyarakat. Karena  sejak tahun 2010, saya sudah diminta sebagai pembicara dan pelatih metode Akuaponik,” kata Fathulloh didampingi Ketua GE Pamulang Daeng Rahmat dan TJ Ahjadi Santosa Ketua Karaben RI Inkopol Tangsel.

Ada kepuasan batin disaat kita bisa berbagi ilmu tentang metode Akuaponik kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat semakin tertarik dan berminat untuk menjalankan metode Akuaponik dalam budi daya ikan dan sayur.” terangnya yang juga salah satu pendiri Gerbang Emas Pamulang  dan Ketua Poktan KTKT Tangsel.

• Bagaimana sistim penyampaian dan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat dan apa keunggulan metode Akuaponik ?

Ini dijelaskannya bahwa dalam pelatihan budi daya ikan dan sayuran metode Akuaponik, dilakukan dengan metode ceramah tatap muka, dilanjutkan praktik cara budi daya ikan dan sayur langsung kepada masyarakat.

Dikatakannya bahwa, metode Akuaponik sangat efektif dan efisien karena ini merupakan sistim simbiosis mutualis antara ikan dan sayur, dimana fungsi ikan menyediakan hampir semua nutrisi bagi tanaman, sedang sayuran menyerap nutrisi dari ikan untuk makanan atau kesuburan tanaman tersebut.

Menurutnya, jenis sayuran yang relatif cocok ditanam metode Akuaponik,  seperti terong (ungu), kangkung, sawi, tomat, cabe, melon dan lain – lain, sedangkan jenis ikan yang mudah adaptasi sejenis ikan Nila.

Selain itu, untuk penerapannya, bisa digunakan di lahan yang sempit, artinya, di sekitar halaman rumah dapat digunakan/dilakukan budi daya ikan dan sayur dengan metode Akuaponik.

Soal manfaat metode Akuaponik, kata Fathulloh, menambahkan, kotoran ikan tidak terbuang karena dijadikan pupuk organik bagi sayuran, karena pupuknya berasal dari kotoran ikan yang telah melalui proses biologis.

Selain itu, metode Akuaponik ini dapat menghasilkan dua produk sekaligus dalam satu wadah /unit produksi yaitu sayuran dan ikan dengan pemanfaatan lahan yang terbatas.

“Ini juga bersifat berkelanjutan dengan perpaduan sayuran dan ikan, karena untuk pemeliharaannya tidaklah sulit alias mudah. Disini kita tidak memerlukan penyiangan, terbebas dari hama tanah dan tidak memerlukan penyiraman serta biaya relatif terjangkau.” ungkapnya. (@2022).