Home / Polri / Pelatihan Pemulasaran Dan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19. Waka Polres: Bangun Kemandirian Dan Kemampuan Masyarakat

Pelatihan Pemulasaran Dan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19. Waka Polres: Bangun Kemandirian Dan Kemampuan Masyarakat

Tangerang Selatan,  Setu,  viralreporter5.com | Pandemi corona tidak hanya meresahkan masyarakat dengan virus yang menjadi penyebabnya, tapi juga terkait jenazah yang meninggal. Banyak kejadian yang menunjukkan masyarakat menolak jenazah pasien covid-19 untuk dimakamkan di lingkungannya. Hal ini terjadi karena kekhawatiran warga jenazah bisa menularkan virusnya kembali.

Bertempat di Masjid Nurul Islam Kp.Sarimulya RT 02/01 Kel. Setu Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Senin (21/06/20) diadakan pelatihan pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien yang terinfeksi covid-19.

Dikesempatan itu, Ustad Mursid Bagian Pemandian Jenazah se Tangerang Selatan memberikan penjelasan dan pelatihan tata cara penanganan jenazah pasien covid-19, disaksikan unsur terkait untuk memahami prosedur sesuai standar penanganan jenazah covid-19 sehingga tidak salah persepsi ditengah masyarakat terkait penolakan jenazah Covid -19.

“Kita berbagi pengalaman dimana penanganan jenazah warga yang biasa pada umumnya sudah memahami, tetapi untuk jenazah covid-19 akan ada perbedaan. Perbedaan itu adalah jenazah covid-19 tidak dimandikan sesuai SOP tetapi ditayamumkan.”jelasnya.

Baca juga :   TNI - POLRI RAPAT LINTAS SEKTOR BERSAMA TOKOH AGAMA, PEMERINTAH DAN ADAT TIGA DESA PULAU GINIMBALE

Saat proses pengkafanan, ada ketentuan yang mewajibkan untuk menutup seluruh tubuh jenazah dengan kain kafan dengan proteksi tambahan menggunakan plastik yang tidak tembus air. Untuk membungkus jenazah, ada tiga lapisan yang digunakan seperti, kain kafan tiga lapis, plastik, kantong jenazah, lalu peti. Posisi jenazah didalam peti, kita miringkan ke arah kiblat. Setelah peti ditutup,kembali dilapis plastik secara merata. Setiap tahapan – tahapan itu, kita lakukan penyemprotan disinfektan.”ujarnya.

Peti jenazah, kita tunggu selama 10 menit, selanjutnya dimasukan ke dalam mobil ambulance untuk dibawa ke tempat pemakaman. Untuk sholat jenazah tergantung situasinya, bisa dilakukan di pemakaman, “terang Ustad Mursid.

Sementara itu, H Benyamien Davnie Wakil Walikota Tangerang Selatan menyampaikan, ini kegiatan rutin dinas perkim melalui seksi pemakaman. Para petugas sudah mendapatkan pelatihan dan pengarahan, baik dari MUI, pihak kesehatan dan pihak berkompeten lainnya.

Baca juga :   Vaksin Sinovac Disimpan di Bio Farma Bandung

“Tidak semua dapat melakukan pekerjaan ini. Alhamdulillah, petugas yang kita siapkan, merupakan orang – orang yang siap mengurus jenazah covid 19 kapan saja dibutuhkan. Semoga  pelatihan ini dapat dipahami secara positif oleh warga khususnya di Kelurahan Setu.”ujar H Benyamien Davnie.

Keberadaan Kampung Jawara.

Disisi lain, Waka Polres Tangerang Selatan Kompol ST. Luckyto AW. SH. S.Ik, menyampaikan, bahwa adanya Kampung Jawara bagian pengembangan dari penanggulangan Covid-19.

“Keberadaan Kampung Jawara, membangun kemandirian dan kemampuan masyarakat secara positif untuk menanggulangi Covid 19, dengan cara mengubah karakter dan prilaku dalam hidup dan bermasyarakat.
Selain itu, juga memiliki cakupan yang luas seperti menjaga ketahanan, kesehatan, ekonomi, sosial, keamanan, edukasi, informasi dan kreatifitas serta demokrasi.”jelas Luckyto.

Baca juga :   Berikan Himbauan Prokes Satgas Covid-19 Ciganjur Belusukan RT/RW
Insert. Wakil Walikota Tangsel menyerahkan Kaos dan Sertifikat Pemulasan Jenazah kepada Amil Didi Sulaeman

Kita juga akan membuat lumbung pangan untuk memberikan ketahanan pangan kepada masyarakat. Dengan harapan,  lumbung pangan akan menjadi pusat ketahanan pangan khususnya di Kelurahan ini.

“Semoga keberadaan Kampung Jawara, betul – betul bermanfaat terhadap masyarakat. Ketika warga tahu manfaatnya maka warga semakin memiliki  kesadaran untuk lebih memajukan segala potensi yang ada. “pungkasnya.

Hadir dikegiatan itu, Danramil 03/Srp Mayor Arh Wahyu Hidayat, Ade Aprizal Kepala Dinas Pemakaman, Dr. Zeni Meliana dari Kim LIPI, AKP Rolando V.A Hutajulu. SH, MH Kapolsek Cisauk, Dr. Anin Dita Dinkes Tangerang Selatan, Iptu Istiamin Waka Polsek Cisauk, Drs. H. Hamdani, MA. HS Camat Setu, , Madih. SE Kasie Kesos Kec. Setu, Naum Gunawan Lurah Setu, H. Nasmudin Kasie Pemakaman Dinas Perkim Tangerang Selatan,  dan para warga. (vr5/* Lingga)

About admin

Check Also

Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Satgas Yonif 403/WP Bersama Masyarakat Bersihkan dan Rapihkan Lingkungan Sekolah di Perbatasan Papua

Viralreporter5.com, Keerom – Dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kalimo …