oleh

Pencegahan DBD, Babinsa Pondok Kopi Bersama Ketua RW 11 dan Kader Jumantik Berantas Sarang Nyamuk

-TNI-80 views

Jakarta Timur, VIRALREPORTER5.COM – Senin, 10 Januari 2022, Sebagai bentuka ntisipasi berkembang – biaknya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Pondok Kopi Serda Dodi Muji Santoso bersama ketua RW.11 Ipit Purwanto, kader Jumantik dan petugas Puskesmas Pondok Kopi, mengadakan kegiatan pemeriksaan sarang nyamuk dilingkungan Sekolah maupun perumahan warga Pondok Kopi.

Pemeriksaan sarang nyamuk kali ini yang dilaksanakan oleh Babinsa bersama Ketua RW.11 dan kader Jumantik di lokasi MTSN-24 Pondok Kopi ini karena adanya salah satu siswa yang di indikasi mengalami DBD.

Danramil 08/Duren Sawit Kapten Inf Hadi Sasmungi, menjelaskan dengan adanya indikasi warga/siswa yang menderita DBD karena gigitan nyamuk Aides Agipty, maka Danramil mengintruksikan kepada para Babinsa jajarannya agar berkordinasi dengan perangkat RT/RW, Kader Jumantik dan Lurah diwilayahnya masing-masing untuk melakukan pencegahan dengan melakukan 3M yaitu menguras tempat penampungan air, mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air dan tidur menggunakan kelambu serta menghindari gigitan nyamuk.

Memasuki Musim pancaroba, yang terkadang panas dan hujan ini salah satu penyebab genangan air di selokan – selokan, kubangan- kubangan air serta adanya kamar mandi warga yang bak penampungan air jarang di kuras menjadi tempat berkembangnya jentik- jentik nyamuk.

Oleh karena itu peran Babinsa Koramil 08/Duren Sawit bersama perangkat RT/RW, kader Jumantik dan Puskesmas Kelurahan untuk memberikan himbauan tentang 3M untuk pencegahan DBD dan juga kepedulian warga terhadap lingkungan dalam menjaga kebersihan tempat tinggalnya.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang rutin dilakukan Babinsa Serda Dodi bersama perangkat RT/RW, Kader Jumantik dan petugas Puskesmas sebagai upaya pencegahan populasi berkembang biaknya jentik nyamuk DBD, “pungkasnya. (@2022)