oleh

Pendamping PKH di Tangsel Mulai Akses Aplikasi SAGIS Kemensos RI 

-Sosbud-286 views

Viralreporter5.com, Tangerang Selatan – Aplikasi Social Affair Geografic Information System (SAGIS) yang diciptakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk menunjang dalam pendataan target survei lapangan.

Aplikasi ini digunakan untuk mengumpulkan data tujuan survei Kementerian Sosial Republik Indonesia oleh petugas lapangan yang berwenang dan kini mulai diakses atau dijalankan oleh tenaga pendamping sosial.

Ini digunakan dalam memantau setiap wilayah geografis di Indonesia dimana data yang diberikan merupakan data yang harus dikonfirmasi di lapangan oleh pihak yang berwenang seperti Dinas Sosial, Pendamping PKH, Pihak Desa, dan lain – lain.

Untuk pelaksanaan surveynya dimulai tanggal 6 – 31 Desember 2021, sesuai Surat Kementerian Sosial Nomor 2155/3.4/DI.02./12/2021 peihal Pemberitahuan Pelaksanan Verifikasi dan Validasi Data KPM PKH.

Ditemui media, Selasa (28/12/2021) di sela – sela pelaksanaan di lapangan, Agung Mandela salah satu petugas lapangan dan Pendamping PKH di Kel Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan mengatakan, pelaksanaan ini dalam rangka Verifikasi dan Validasi (Verval) data keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan berdasarkan instruksi Kemsos RI.

“Melalui Direktorat Jaminan Sosial Keluarga akan melakukan kegiatan Verifikasi dan Validasi data KPM PKH dilaksanakan oleh SDM PKH di kabupaten kota Se Indonesia.” ujarnya.

“Untuk tahun ini dilakukan secara online melalui aplikasi Social Affairs Geographic Information System (SAGIS),”kata Mandela.

Ia menambahkan hingga kemarin kegiatan ini terus, kita lakukan dan tentunya dengan harapan, bisa selesai sebelum deadline. Untuk pelaksanaan di lapangan, saya didampingi Ketua Kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) dengan berinteraksi langsung dengan KPM PKH.

Diungkapkan Mandela, hanya di minggu – minggu pertama kami masih ada kendala, karena tidak bisa mengakses SAGIS, namun selanjutnya semua menjadi lancar.

Dia mengingatkan, untuk penggunaan aplikasi ini agar tidak memberikan sembarang username dan password serta harus menyalakan Global Positioning System (GPS) agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar.

“Semoga pelaksanaan survei kali ini bisa dituntaskan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan memberikan hasil maksimal dari penggunaan aplikasi SAGIS,” tutup Mandela. (vr5@2021/lingga)