oleh

Pendayagunaan Koramil Model Di Kodim 0105/Abar Dapat Meningkatkan Mutu Babinsa Jajaran Korem 012/TU

-TNI-172 views

Viralreporter5.com, Aceh Barat – Dalam rangka meningkatkan kemampuan Babinsa sesuai Job Depcription yang diembannya, Korem 012/TU menggelar kegiatan Pendayagunaan Koramil Model di Aula Serba Guna milik Koramil 04/Meureubo Kodim 0105/Abar yang berlokasi di Jalan TMMD Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Rabu (24/11/2021)

Kegiatan Pelatihan ataupun Pembekalan ini mengusung tema “Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme”, dengan melibatkan perwakilan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil/Posramil Jajaran Korem 012/Teuku Umar.

Koramil Model merupakan Koramil yang dianggap memenuhi syarat dan memiliki Babinsa dengan profesionalisme yang mupuni baik tentang Pengetahuan Teritorial, meliputi Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter, Teknik Puldata Teritorial dan Ketatalaksanaan Binter.

Pasiter Kodim 0105/Abar Lettu lnf Khairul Zein, S.H., dalam pengarahan dan penyampaian materi Sikap Teritorial mengatakan, Program Pendayagunaan Koramil Model ini kiranya dapat diserap dengan baik. Harapannya, kedepan para Babinsa mampu memberi visualisasi pelaksanaan tugas Binter secara aplikatif di lapangan.

“Tuntutan tugas Satkowil saat ini sangatlah semakin komplek dalam mewujudkan Ruang, Alat Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. Apalagi situasi nasional dihadapkan dengan merebaknya kasus Covid – 19 yang membutuhkan penanganan serius. Disinilah dibutuhkan peran profesionalisme dan aplikasi pengetahuan teritorial Babinsa dengan baik dan sistimatis. Bagaimana Sikap Teritorial Babinsa bisa mengajak masyarakatnya untuk mematuhi Protokol Kesehatan”, ujar Pasiter

Masih menurut Pasiter, Kegiatan ini setidaknya dapat difokuskan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (Babinsa) terlebih Personel baru yang akan tugas diwilayah.

“Pemberdayaan Koramil Model ini dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan kepribadian Babinsa sebagai insan Teritorial sejati yang lebih memiliki kompetensi. Dengan demikian, para Babinsa nantinya akan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diembannya dengan maksimal (Job Description). Pada hakekatnya, Kemanunggalan TNl – Rakyat akan terwujud dengan sendirinya”, gamblang Pasiter

Kepada para Babinsa yang hadir, Lettu lnf Khaerul Zein berharap agar memanfaatkan waktu yang ada dengan maksimal, sehingga mampu menyerap seluruh materi yang disampaikan oleh Pemateri. Tidak lupa dirinya berpesan untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan selama pelaksanaan kegiatan. (vr5@2021)