oleh

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Kodim 0729/Bantul Gelar Upacara

-TNI-90 views

Viralrepirter5.com, Bantul – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2022, Kodim 0729/Bantul menggelar upacara yang diikuti oleh Prajurit dan PNS satuan jajaran Kodim di Lapangan Upacara Makodim setempat. Jumat (20/5/22).

Bertindak sebagai Inpektur Upacara Kasdim 0729/Bantul Mayor Inf Widiantoro dan Komandan Upacara Kapten Inf Sukir sedangkan Perwira Upacara diemban Pasipers Kodim Kapten Cpl Sunarto.

Dalam upacara kebangkitan nasional tersebut Irup membacakan amanat dari Menteri Kominfo RI yang menyampaikan bahwa hari bangkitnya nasionalisme Indonesia ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1948 dimana dimasa itu terdapat perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Ditengah krisis pandemi Covid 19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa. (@2022)