Peringati Hari Pahlawan, Ketua DPC Bamus Tangsel Leguti :Kami Bangga Kepadamu Wahai Pahlawan Kusuma Bangsa”

VIRALREPORTER5.COM, TANGERANG SELATAN |  Tabur bunga di malam hari dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019  dilakukan para pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Badan Musyawarah (Bamus) Tangsel Lengkong Gudang Timur (Leguti)  bertempat di Taman Makam Pahlawan Seribu Serpong di Jl. Raya Serpong Jalan Raya Puspitek, Kota Tangerang Selatan,  Senin malam (11/11/19) pukul 20:00 Wib.

Sebelum tabur bunga,diadakan doa bersama tepat di depan tugu Taman Makam Pahlawan untuk para pahlawan tanpa nama sebagai kesuma bangsa yang berjuang mempertaruhkan nyawanya merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ketua DPC Bamus Tangsel, Andi Burik, didampingi Sekjen Herman Bakot mengatakan, dipilihnya Taman Makam Pahlawan Serpong untuk lokasi tabur bunga karena banyak para pahlawan tanpa nama yang gugur di area makam ini saat terjadi pertempuran dengan pihak Belanda.

“Alhamdulillah, pengurus dan anggota yang turut dalam acara ada 30 anggota DPC Bamus Tangsel Leguti yang melakukan renungan malam, doa bersama, dilanjutkan tabur bunga di pusara para pahlawan kita, “katanya.

Lanjut Andi, memperingati Hari Pahlawan bagi kita sebagai generasi muda untuk mengingat kembali perjuangan para pendahulu kita yang tidak merasa takut untuk berjuang mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Dengan persatuan dan kesatuan mereka (para pahlawan) bersatu untuk melakukan perlawanan terhadap para penjajah.

“Ini adalah momen yang sangat berharga bagi kami khususnya Bamus Tangsel sebagai generasi muda untuk lebih meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan guna mengisi kemerdekaan yang dicita-citakan pendaulu kita”jelas Andi Burik.

Ada istilah yang mengatakan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawannya.” Demikian juga dikatakan Bung Karno bahwa “Negara yang besar adalah yang tidak melupakan jas merah,” artinya. Kita generasi muda tidak akan pernah melupakan sejarah suatu bangsa tersebut. Para pahlawan yang rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan negara Indonesia.

Dikatakannya lagi, kita (generasi muda) memang tidak ikut serta dalam perjuangan yang mengorbankan ratusan bahkan ribuan nyawa saat terjadi pertempuran di daerah Serpong pada waktu itu. Namun sebagai generasi muda penerus bangsa, sudah sepatutnya kita dapat memberi makna arti kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman.

Ada yang harus kita contoh dari para pahlawan yaitu, semangat juang para pahlawan yang rela gugur guna meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. Sedangkan perjuangan para generasi muda saat ini dengan berkontribusi untuk pembangunan bangsa yang lebih maju lagi, khususnya pembangunan di Kota Tangerang Selatan.

“Kota Tangsel ini membutuhkan banyak generasi muda untuk mewujudkan Kota Tangsel yang damai. Jangan jadikan Hari Pahlawan ini sebagai seremoni belaka tanpa menghayati nilai-nilai perjuangan dari pahlawan kita.”katanya

Menyadari hal tersebut, Bamus Tangsel melalui arahan yang disampaikan Ketua Umum Bamus Tangsel Julham Firdaus, maka kami  sebagai generasi muda harus dapat mengimplementasikan maksud dan harapan Ketua Bamus Tangsel untuk selalu mengingat dan menghargai setiap tetes darah dan nyawa para pehlawan kita. “Sudah saatnya kita mengambil nilai-nilai kepahlawanan tersebut yang dapat direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.”tegas Andi Burik.

” Indonesia sebagai negara yang damai, adil, sejahtera dan jujur,. marilah kita jadi bangsa yang pemberani dan tegas melawan segala ketidakjujuran demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Kami Bangga Kepadamu Wahai Pahlawan Kusuma Bangsa.”tungkasnya.(VR5/*)

Check Also

Koptu Purnomo Komsos Bersama Staf Kelurahan, Cegah Covid-19

Tangerang, viralreporter5.com | Membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, anggota Koramil 01/Tgr Kodim 0506/Tgr, Korem …