Pernyataan Sikap Majelis Adat Kerajaan Nusantara 

Tangerang Selatan, viralreporter5.com l Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) sebagai wadah untuk bersatunya kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia, yang mana kerajaan tersebut sudah ada sebelum Indonesia merdeka. MAKN akan bersinergi dengan pemerintah untuk menjaga nilai-nilai tradisi, dalam penataan negara kedepan dengan aktifitas kebudayaan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Harian MAKN YM. KPH Eddy S. Wirabhumi saat kegiatan Deklarasi dan Pernyataan Sikap Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), di Swiss Bell Hotel Serpong, Rabu (29/01/2020).

MAKN adalah simbol keberagaman, dan akan mendorong upaya pemerintah untuk mewujudkan Negara Indonesia yang kuat dan berdaulat.

“Isu besar seperti yang beredar sekarang ini yaitu bermunculan kerajaan-kerajaan baru di Indonesia, sebenarnya sudah lama terjadi tapi tidak kelihatan oleh masyarakat”.ujarnya.

KPH Eddy S. Wirabhumi menambahkan “Kita cukup membantu pemerintah berupa pernyataan sikap MAKN, melalui pernyataan sikap semoga tersampaikan kepada seluruh masyarakat dan pemerintah”.

MAKN sudah mewanti-wanti isu yang berkembang seperti sekarang ini, isu ini adalah warning kepada kita, agar jangan terpecah belah, dan jaga identitas kita.

KPH Eddy S. Wirabhumi berpesan “Kedepan visi kita harus disesuaikan dengan suasana politik yang berkembang, jangan membuat kegaduhan dan jaga harmonisasi. Waktunya kita bangkit dengan akal budi yang luhur, jangan sampai kita melepaskan diri dengan situasi seperti ini”.

MAKN beserta para Sultan/Raja se-Nusantara selanjutnya membacakan pernyataan sikap Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), sebagai berikut:
a. Bahwa keluarga besar MAKN akan terus berjuang bersama pemerintah dan segenap komponen bangsa dalam pelestarian dan pemajuan Kebudayaan sebagai jati diri dan kepribadian bangsa.
b. Keluarga besar yang merupakan cikal bakal pemerintahan asli yang sudah ada sebelum berdirinya negara Indonesia dan turut serta mendirikan negara Indonesia, akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk menjaga tetap tegak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.
c. Keluarga besar Majelis Adat Kerajaan Nusantara sebagai pewaris dan pejuang budaya bangsa akan turut serta membangun bangsa dan berperan aktif di bidang ekonomi dan pariwisata yang berbasis budaya, serta pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan guna menuju kemandirian ekonomi bangsa.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Harian MAKN KPH. Eddy Wirabhumi, Dewan Kerajaan MAKN Pangeran Edward Syah Pernong, Sekjen MAKN R. Ayu Yamin, dan Para Sultan/Raja se-Nusantara.

Sebagai wujud keberagaman, pada hari kamis, 30 Januari 2020, MAKN dan para Raja/Sultan Se-Nusantara akan menghadiri kegiatan Perayaan Imlek Nasional di ICE BSD yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo. (VR5/*/lgg- Abdul).

Check Also

Kemitraan ASEAN dan Amerika Serikat Jadi Kekuatan Positif bagi Perdamaian dan Kemakmuran Kawasan

Bogor,  viralreporter5.com |Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri KTT ke-8 ASEAN-Amerika …