Home / Politik / Prokes Dan PPKM, Demi Kebaikan Pemulihan Pandemi, DPRD Prov Banten F-PSI: Itu Tanggung Jawab Kita Bersama

Prokes Dan PPKM, Demi Kebaikan Pemulihan Pandemi, DPRD Prov Banten F-PSI: Itu Tanggung Jawab Kita Bersama

Viralreporter5.com, Tangerang – Pada hari Selasa 22 Juli 2021 Satgas Penanganan Covid-19 pada Selasa (22/07/2021) telah menyampaikan data terkait ketaatan protokol kesehatan di masing-masing daerah.
Data yang dikumpulkan selama sepekan terakhir menunjukkan Provinsi Banten menjadi Provinsi tingkat terendah ketaatan menggunakan masker, hanya 28.57 persen untuk ketaatan menggunakan masker.

Saat media mengkofirmasi terkait tersebut, Selasa (27’07/2021) Anggota DPRD Provinisi Banten dari Fraksi PSI, Maretta Dian Arthanti menyampaikan tanggapannya bahwa, penggunaan masker bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, juga melindungi orang-orang disekitar kita juga.

” Disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker bukan merupakan pilihan tetapi suatu keharusan, karena kelalaian kita tidak memakai masker dapat berakibat fatal bagi orang lain.” katanya.

Ia menambahakan, penerapan prokes adalah tanggung jawab bersama, paling utama adalah kesadaran dimulai dari diri sendiri, dan juga harus didukung para tokoh masyarakat, tokoh agama, influencer, dan seluruh aparat pemerintahan.

Baca juga :   Dukung Pelaksanaan PPKM Darurat, Mari Bersama Cegah Lonjakan Covid-19

“Ini semua harus dimulai pada setiap individu di dalam masyarakat, jika prokes dilakukan secara bersama – sama dalam rangka program PPKM, semakin efektif menekan angka penyebaran virus covid-19.

Ketika penerapan dilaksanakan secara komitmen dan adanya peran aktif semua elemen masyarakat di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten maka dapat menekan tingkat penyebaran wabah ini.” terang Maretta yang selama ini dikenal memiliki kepedulian dan perhatian ditengah masyarakat.

” Kita sangat miris sekali kondisi Provinsi Banten yang masuk kategori Zona Merah untuk tingkat penyebaran Covid-19, dimana hanya Kabupaten Lebak yang tidak zona merah, ” ungkapnya.

Selain itu, kata Maretta, menurut data, tingkat partisipasi warga Banten yang sudah divaksin juga masih sangat rendah.

” Oleh karena itu, saya mengajak seluruh aspek/elemen masyarakat, baik perorangan, komunitas dan pihak pemerintah terus berupaya meningkatkan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya protokol kesehatan dimasa pandemi ini, disaat angka penyebaran virus covid-19 kembali melonjak. ” ujarnya.

Baca juga :   Babinsa Koramil 07/Kmy bersama Yonif Mekanis 201 JY Himbau Prokes di Pasar Serdang Kemayoran

” Saya sebagai wakil rakyat tidak bosan-bosannya untuk selalu mengingatkan masyarakat agar disiplin menerapkan prokes dimanapun berada.”ajaknya.

Sebagai partai politik, PSI juga aktif berperan dalam rangka mempercepat vaksinasi, seperti yang segera kita laksanakan di wilayah Tangerang Selatan di tanggal 7, 14 dan 21 Agustus, dibeberapa lokasi yaitu daerah Pamulang, Serpong dan Pondok Aren.

Selain melaksanakan program vaksimasi, PSI juga tetap menjalankan program Rice Box bagi warga yang tengah menjalankan isoman. Ini bukti nyata PSI hadir dan kerja untuk rakyat ditengah pandemi ini. ” katanya.

Saya juga berterima kasih kepada lembaga pemerintah yang perduli, seperti Ombudsman Banten yang ikut memantau Pelaksanaan PPKM di Tangerang Selatan dimana ditemukan beberapa titik pantauan tidak menemukan aparat yang bertugas.

Ini menjadi peringatan kita bersama bahwa aparat /petugas yang menegakkan PPKM dilapangan seperti Satpol PP harus konsisten dan bersikap tegas dalam menjalankan tugasnya. Namun berikan teguran keada masyarakat dengan cara-cara humanis yang melanggar prokes maupun ketentuan PPKM yang berlaku.

Baca juga :   Koramil 02/Btc Lakukan Operasi PPKM Level 4 di Pasar Kebon Besar

” Dalam situasi seperti ini, Kita tidak perlu saling tunjuk, siapa yangnsalah siapa yang benar, karena hanya mengahbiskan wenergi dan waktu yang sia -sia. Saatnya lah kita satukan tekad untuk bersama saling bahu membahu melawan pandemi Covid-19.” tegas Maretta.

Wabah Covid-19 yang sedang melanda negeri kita, khususnya di Provinsi Banten menjadi pekerjaan kita bersama, baik pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat. Ayo… Kita mulai dari diri sendiri dan seluruh organisasi masyarakat, untuk mengambil peran dan memiliki kepedulian akan pentingnya disiplin prokes kepada masyarakat lainnya.

” Sosialisasikan dan berikan edukasi serta penyuluhan kepada saudara kita, tetangga, dan sekitar lingkungan bahwa penting sekali mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan disiplin menjalankan 5 M.” tutupnya. (vr5@2021/lingga)

Share this

About admin

Check Also

Rangkaian Kegiatan HUT KE-76 TNI AL, Komandan Pasmar 3 Laksanakan Bakti Sosial

Viralreporter5.com, Sorong – Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-76 TNI AL, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI …