oleh

Reaksi Cepat Tanggapi Keluhan Warga, Serda Hayadi Babinsa Koramil 424-07/Gadingrejo Tinjau Lokasi Jebolnya Tanggul Di Pekon Gadingrejo Timur

-TNI-82 views

Tanggamus, VIRALREPORTER5.COM – Tingginya debit air akibat curah hujan mengakibatkan tanggul sungai di Pekon Gadingrejo Timur jebol. “Tanggul ini jebol akibat angin kencang dan curah hujan tinggi. Jumat (28/01/22).

Menurut Babinsa Koramil 424-07/Gadingrejo Serda Hayadi dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah Pekon Gadingrejo Timur dimana kiriman air dari inilah yang kemudian meluas sehingga menyebabkan tanggul jebol.

Jebolnya tanggul tersebut disebabkan karena tidak mampu menahan debit air yang naik saat hujan tiba. Kuatnya tekanan air, mengakibatkan tanggul jebol.

Pihaknya juga mewaspadai tanggul-tanggul yang mengalami retak dan membahayakan. Babinsa Koramil 424-07/Gadingrejo Serda Hayadi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan. ungkapnya.

Menurut informasi yang diterima sementara, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun untuk mengantisipasi adanya air susulan saat hujan tiba, pihaknya bersama warga melakukan kerjabakti untuk menambal badan tanggul.

“Kita lakukan gotong royong bersama warga bahu-membahu memperbaiki tanggul dengan karung berisi tanah,” imbuhnya.

Dengan tertutupnya kembali tanggul tersebut lanjut Serda Hayadi, tanggul hanya mampu menahan air saat debit air naik. “Tanggul ini sifatnya sementara, untuk perbaikan secara permanen akan dilakukan oleh pemerintah daerah,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Taruji menghimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di aliran sungai karena akan menyebabkan banjir.

“Hal itu menjadi pelajaran berharga bagi kita semua untuk tidak lagi membuang sampah di sungai, karena dampaknya bisa menyumbat aliran air dan meluber menimbulkan banjir,” tutupnya. (@2022)