oleh

Reuni Akbar Prajurit Karier Pertama 3193 TISABILAGA “Bangun solidaritas tanpa batas, NKRI Harga Mati, Satukan hati perbanyak sahabat”

-TNI-11 views

Bantul – Tisabilaga Satu Hati Satu Jiwa, demikian teriakan- teriakan yang terdengar dari berbagai penjuru dalam Reuni Akbar Prajurit Karier Pertama 3193 Tisabilaga mengabdi kepada Bumi Pertiwi. Minggu, 18/09/2022.

Prakarsa Tisabilaga adalah singkatan dari Prajurit Karier Satu – Tiga Satu Sembilan Tiga yang juga almamater Tamtama TNI AD yang dilantik pada tanggal 18 September 1993 secara nasional dari pendidikan Secata di masing-masing Rindam yang ada di Jajaran Angkatan Darat.

Kali ini Kotama Tisabilaga Kodam IV melaksanakan reuni akbar di Pasar Seni Gabusan Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam acara sederhana dan penuh dengan keakraban ini, tidak hanya diikuti dari Lulusan Secata Gombong Rindam IV saja akan tetapi reuni ini diikuti juga dari alumni Secata dari Kodam lain yang selama ini masih berdinas di Kodam IV Diponegoro. Bahkan dari Kotama selain Kodam IV pun ikut hadir dalam reuni ini.

Tidak hanya kali ini saja Tisabilaga melaksanakan silaturahmi, akan tetapi kegiatan ini sudah dilaksanakan dalam agenda masing-masing Kotama dan Sub Kotama di wilayah nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Reuni kali ini adalah puncak dari kegiatan tersebut, dengan tema “TISABILAGA Bangun solidaritas tanpa batas, NKRI Harga Mati, Satukan hati perbanyak sahabat” personel Tisabilaga bertekad untuk menjadikan Tisabilaga sebagai Keluarga Besar dengan tidak memandang strata dari masing-masing anggotanya. Satu Hati Satu Jiwa Seduluran selawase jadi moto yang sering kita dengar dimana ada personel Tisabilaga. Tidak hanya slogan saja, akan tetapi hal tersebut benar-benar dilaksanakan.

Prada Tugiman mengatakan dalam acara ini selain kita mengenang rekan — rekan Tisabilaga yang telah gugur baik dalam penugasan pengabdian maupun hal lainnya, juga memberikan sumbangan kepada rekan yang cacat secara fisik maupun janda dan anak-anak dari anggota yang sudah meninggal.

Tidak lupa pula dalam acara tersebut memberikan sumbangan kepada anak yatim piatu di sekitar lokasi kegiatan. Tisabilaga tidak hanya untuk intern anggota saja, melainkan juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dimana Tisabilaga berada.

” Kita tidak sendiri, Tisabilaga adalah keluarga besar kita untuk itu mari kita tetap jaga silaturahmi agar Tisabilaga tetap solid, untuk itu mari kita saling bahu membahu untuk memperhatikan rekan rekan kita yang menderita cacat fisik dan keluarga dari sudara kita yang telah gugur mendahului kita karena mereka tetap menjadi keluarga besar kita, keluarga TISABILAGA dengan semboyan Satu Hati Satu Jiwa Seduluran Selawase, ” Ujar Prada Tugiman selaku pimpinan acara.

” Tidak ada pangkat yang lebih tinggi dari Prada di Tisabilaga, karena Prada lah awal kita masuk dalam institusi TNI untuk mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa,” imbuhnya.

Inilah yang mempererat silaturahmi dari Tisabilaga, walaupun masing-masing personelnya secara bertahap dan bertingkat menduduki pangkat dan jabatan yang berbeda-beda akan tetapi tetap dalam satu sebutan tetap dalam satu almamater PRADA. Salam Tisabilaga Satu Hati Satu Jiwa Seduluran Selawase.