oleh

SDN Pamulang Indah Bekerjasama Dinkes Tangsel, Berikan Pelayanan Vaksinasi Murid Usia 6-11 Tahun

Viralreporter5.com, Tangerang Selatan – Vaksinasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19. Hal ini juga dilaksanakan SDN Pamulang Indah bekerjasama Dinas Kesehatan Tangsel dan Puskesmas Pamulang, memberikan pelayanan Vaksinasi kepada murid usia 6-11 tahun.

Dalam pelayanan vaksinasi diberikan vaksin jenis Sinovac untuk murid kelas 1,2 dan 5 yang dilaksanakan di area  lingkungan SDN Pamulang Indah, Tangsel, Rabu (22/12/2021).

Kepala Sekolah SDN Pamulang Indah Drs. Arsin, MM didampingi Pembina UKS Ibu Siti Nur Ari Qiraini, S.Pd mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menjaga dan mempercepat herd immunity murid ditengah pandemi Covid -19.

” Untuk pelaksanaannya, Vaksin yang diberikan kepada Siswa/i,  hari ini dibagi tiga gelombang dengan waktu yang berbeda,” kata Arsin.

Diutarakan Arsin bahwa, waktu pelayanan Vaksinasi untuk Kelas 5, kita mulai pukul 07.30 – 09.00 Wib, Kelas 2 pukul 09.00 – 10.30 Wib dan Kelas 1 pukul 10.30 – 12.00 Wib.

Lebih lanjut Kepala Sekolah juga menjelaskan, adapun persyaratan vaksinasi yang harus dibawa seperti foto copy Kartu Keluarga dan kondisi siswa/i dalam keadaan sehat.

“Agar tidak terjadi kerumunan, karena jumlah peserta yang banyak, maka peserta dan orang tua yang mengantar wajib menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, datang tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.” ujarnya.

Disampaikan Arsin, mohon diikuti aturan yang sudah ditetapkan, termasuk memakai pakaian olahraga dan yang terpenting  para murid yang mengikuti vaksin sudah sarapan terlebih dahulu.

” Juga dibawa kelengkapan seperti ballpoint dan mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, hand sanitizer, jaga jarak), ” Ungkap Kepala Sekolah SDN Pamulang Indah Tangsel.

Masih ditempat yang sama, Ibu Siti Nur Ari Quraini, S. Pd Panitia Pelaksana Pelayanan Vaksinasi, mengatakan, alhamdulillah, pelaksanaan vaksin hari ini sudah terlaksana dengan baik dan semua berjalan tertib serta lancar.

Namun katanya menambahkan, masih ada para orang tua murid yang belum bersedia anaknya divaksin. Ini mungkin kurangnya sosialisasi  yang dilakukan sehingga para orang tua murid merasa ragu – ragu.

Dijelaskan Ibu Siti Nur bahwa, dengan di vaksinnya anak, itu bertujuan untuk membentuk anti body anak sehingga diharapkan resikonya sangat kecil kemungkinan terjadi penularan atau menularkan virus baik di sekolah saat Pelajaran Tatap Muka (PTM) dan juga di lingkungan rumah.

Disampaikan Ibu Siti Nur untuk hari ini SDN Pamulang Indah membuka 3 gerai vaksin yaitu:

• Gerai 1 dilaksanakan PKM Kranggan dengan jumlah 138 siswa,

• Gerai 2 dilaksanakan PKM Serpong 2 dengan jumlah 64 siswa dan,

• Gerai 3 dilaksanakan PKM Cirendeu dengan jumlah 77 siswa.

” Secara keseluruhan, ada 279 anak yang mengikuti vaksin usia 6 – 22 tahun.” pungkas Ibu Siti Nur Ari (vr5@2021/lingga/zsrg)