Siapa Kandidat Kuat Wakil Walikota Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan ?

Insert. Ketua DPD I Banten Poknas Rahmat Hidayat, ST, MT,

Tangerang Selatan, viralreporter5.com| Pilkada serentak kembali akan digelar pada tahun 2020 mendatang. Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada pada 2020 mendatang.

Meski pelaksanaan Pilkada masih kurang lebih satu tahun lagi, namun sejumlah figur sudah mulai mewarnai bakal calon Wakil Walikota Kota Tangerang Selatan.

Mereka berasal dari berbagai macam kalangan birokrat, tokoh masyarakat, tokoh Agama dan Pengusaha.

Media mencoba mendapatkan informasi berbagai kalangan masyarakat. Siapa yang memiliki kandidat kuat dan layak menjadi Wakil Walikota Tangerang Selatan  di Pilkada 2020.

Ketua DPD I Banten Poknas Rahmat Hidayat, ST, MT, ditemui disalah satu tempat diwilayah Pamulang, Kamis (16/01/20) menyampaikan pandangannya.

Sekilas yang saya pelajari jelang Pilkada 2020 di Kota Tangerang Selatan, ada yang layak menjadi kandidat Wakil Walikota Tangerang Selatan, seperti, DR H Rahmat Salam, M.Si dari unsur Birokrasi, H Yoyok dari unsur Pengusaha,  Sukendar  daei unsur Tokoh Masyarakat.

Dijelaskannya, untuk figur DR H Rahmat Salam yang sekarang menjabat Asisten Daerah (Asda)  1 Kota Tangerang Tangerang adalah kandidat yang paling terdepan dalam bursa Calon Wakil Walikota Tangsel di Pilkada 2020.

Selain karena posisinya sebagai Asda 1 sekarang, beliau juga seorang akademis, dan juga Calon Guru Besar di salah satu Universitas, sehingga dirinya berpeluang besar diusung maju dalam Pilkada 2020 sebagai kandidat terkuat calon Wakil Walikota.

Hampir dua perode dibawah kepemimpinan  Hj Airin Rahmi Diany Walikota Tangsel, Ia sudah pernah menjabat posisi diberbagai OPD hingga sekarang Asda I  Tangerang Selatan. Menurut saya,  Ia sangat paham soal birokrasi pemerintahan dan mengenal betul karakteristik Kota Tangerang Selatan. Selain itu memiliki tutur bahasa yang  santun.

Disamping kemampuannya memanajerial pemerintahan selama menjabat sebagai Asda 1 di Tangsel, membuat tingkat keterkenalannya di kalangan masyarakat cukup tinggi

Ditambah dengan sejumlah aktivitas sosial yang dijalaninya, sesungguhnya layak juga jadi Calon Walikota, tapi Karena Rahmat Salam tidak ikutan mendaftar ke seleksi Parpol maka namanya tidak muncul; Jika jadi dicalonkan Wakil Walikota maka diperkirakan akan mengalir kepada dirinya.

Selain itu,  ada juga sosok pengusaha yang menurut saya cocok menjadi kandidat seperti H Yoyok. Mengapa sosok H Yoyok cocok, karena selain sukses  menjadi pengusaha, juga sangat aktif dengan aktivitas di sosial kemasyarakatan. Siapa yang tidak mengenal H Yoyok yang mantan Ketua Pawarja Tangerang Selatan.

Selain itu,  tokoh masyarakat Sukendar masih muda dan energik juga memiliki peluang untuk kandidat Wakil Walikota Tangerang Selatan

Ditambahkan Ketua DPD I Banten Poknas Rahmat Hidayat, bahwa, seorang politisi itu sama halnya dengan aparatur sipil negara (ASN) juga yang selalu siap menerima perintah dari kepala daerah terhadap suatu kebijakan atau arahan penugasan.

Meskipun demikian, tetap ada aturan dan kriteria yang berlaku  yang harus dipenuhi sesuai prosedur yang berlaku.

“Tentu dengan pertimbangan – pertimbangan yang saya lihat adalah elektabilitas hingga kapabilitasnya dan kalau dianggap capable, tidak ada alasan untuk menolak, untuk  menjadi Kandidat Wakil Walikota.  Intinya terjalin kesepahaman dan sejalan dengan kandidat Walikotanya. ” kata Rahmat.

Saya melihat sosok Rahmat Salam dan H Yoyok rasa-rasanya sosok yang elektabilitas paling tinggi dan berpeluang besar menjadi Wakil Walikota Tangsel.  Itupun bila dilirik oleh kandidat Walikota yang ada.  Ini berdasarkan pendangan saya secara pribadi lo.”terang.

Saat ditanya kenapa bukan dari generasi milenia, yang diusung untuk calon Kandidat Wakil Walikota Tangsel ?
Rahmat dengan santai menjelaskan, sebenarnya generasi milinia yang seharusnya muncul. Minimal untuk kandidat Wakil Walikota.

Ini ada dasarnya, sepengetahuan saya, di Kota Tangerang Selatan diperkirakan ada 300.000 generasi milenia.  Ini kekuatan yang harus diperhitungkan dan memiliki potemsinmenjadi pemimpin kedepan seharusnya.

Tetapi sampai saat ini saya tidak melihat kemunculan generasi milinea tersebut. Ada apa dan mengapa tidak muncul generasi milinea itu.  Kita harus melihat apa yang menjadi penyebabnya. Apakah kurang pembinaan atau peluang yang kurang diberikan kepada mereka. Saya juga kurang memahaminya. “jelasnya.

Insert. Prof. Dr. Syaiful Bakhri, Akademis dan Rektor dari Universitas Muhamadyiah Jakarta (UMJ)

Sementara itu, Akademisi yang juga Rektor dari Universitas Muhamadyiah Jakarta (UMJ)  Prof. Dr. Syaiful Bakhri menilai sosok kandidat Wakil Wali Kota Tangerang Selatan haruslah menunjukan prilaku baik dan dekat dengan masyarakat, baik sebelum mencalon, saat mencalon, ketika menjabat hingga usai menjabat.

Selama ini Ia menilai, sosok Rahmat Salam yang saat ini di birokrasi dan juga akademisi dikenal dekat ke masyarakat dan mahasiswanya.

Peluang untuk kandidat Wakil Wali Kota sebenarnya sangat besar karena memiliki pengalaman dan kemampuan bekerjasama dengan pimpinan, mampu membantu dalam memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan, mensinergikan selurub OPD yang ada kedepannya dan juga memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan oleh OPD, serta memberikan saran dan pertimbangan kepada Wali Kota nantinya.

Saya melihat, kepribadiannya selama menjadi birokrasi dan akademisi, sosok yang mudah bergaul dengan semua elemen masyarakat.

Ini menunjukkan, Ia layak menjadi salah satu kandidat Wakil Wali Kota Tangerang Selatan untuk mendampingi kandidat Wali kota Tangerang Selatan.”ujarnya,  Jum’at (17/01/20).

“Siapapun yang terpilih nantinya menjadi pemimpin Kota Tangerang Selatan diharapkan bisa mengatasi berbagai keluhan masyarakat, bisa mencarikan solusi terkait masalah yang dihadapi masyarakat, serta betul-betul harus berbuat untuk kepentingan masyarakat banyak,” sambungnya.

Inilah dinamika, yang berkembang di tengah masyarakat khususnya di Kota Tangerang Selatan karena selama ini banyak nama-nama kandidat Walikota tetapi minim sekali nama-nama kandidat Wakil Walikota Tangerang Selatan.

Tentunya semuanya berpeluang sama untuk menjadi Kandidat Wali Kota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan. Semua dikembalikan kepada masyarakat yang memiliki hak pilih dalam menentukan pemimpinnya lima tahun kedepan. Siapapun pasangan yang menjadi pemimpin Tangsel nantinya, harus memiliki komitmen dan karya nyata dalam membangun Kota Tangerang Selatan ke arah lebih baik lagi khususnya masyarakat Tangerang Selatan secara keseluruhan. Insya Allah…. (vr5/* Lingga)

Check Also

Babinsa Sukasari Cegah Perkembangan Virus Corona Dengan Komsos Tegakan Perwal

Tangerang, viralreporter5.com | Upaya dalam mengantisipasi dan mencegah perkembangan Virus Corona, anggota Koramil 01/Tgr Kodim …