Home / Polri / Sosialisasi Relokasi Dan Revitalisasi Pasar Ciputat. Kadisperindag : “Gratis” Sewa Tempat Bagi Pedagang Relokasi di Plaza Ciputat

Sosialisasi Relokasi Dan Revitalisasi Pasar Ciputat. Kadisperindag : “Gratis” Sewa Tempat Bagi Pedagang Relokasi di Plaza Ciputat

Tangerang Selatan,  viraireporter5.com –  Dalam rangkai program Disperindag Tangerang Selatan dalam waktu dekat merehabilitasi pasar tradisional Ciputat untuk dilakukan perbaikan, pemeliharaan dengan peningkatan sarana dan prasarana pasar.

Pelaksanaan sosialisasi digelar di Plaza Ciputat, Kecamatan Ciputat, Tangeramg Selatan,  Rabu (03/06/20) dihadiri, Maya Mardiana Kepala Disperindag Tangerang Selatan, Andi D.Patabai Camat Ciputat, H.E ndang Kepala Pasar Ciiputat, Drs. Mulyadi, SH,MH Direktur PT.Betania Pasar Ciputat, AKP Patar Mula Bona,S.Ik Kasat Intel Polres Tangsel, Iptu Jetwi Anang Kanit Intel Polsek Ciputat, Aiptu Kustam Binmas Ciputat, Sertu Agus Babinsa Ciputat, dan lebih kurang 50 perwakilan pedagang Pasar Ciputat.

Camat Ciputat Andi D.Patabai dalam sambutannya menyampaikan sosialisasi ini bertujuan untuk menata, menertibkan dengan penempatan para pedagang yang lebih layak sehingga tidak menggelar dagangannya di badan jalan di jalur protokol, trotoar atau ditempat lainnya yang bukan fungsinya.

“Karena itu dibutuhkan kerjasama dan bantuan semua pihak termasuk para pelaku usaha /pedagang yang akan direlokasikan dan juga para tokoh masyarakat dan para lurah seperti Kelurahan Cipayung dan Kelurahan Ciputat.”ujar Camat.

Kami mengharap betul dapat mensukseskan revitalisasi pasar Ciputat sehingga berjalan baik.  Kami dari pemerintah, kepolisian, kejaksaan akan terus mengawal sampai proses ini berjalan dangan baik. Untuk konsep penempatan pedagang  dan cluster serahkan kepada kami dengan Disperindag Tangerang Selatan. “jelasnya.

Baca juga :   Silaturahmi Korem 052/Wkr Bersama Insan Media, Danrem: Sinergitas Bentuk Keharmonisan

Insya Allah dengan kerjasama yang baik dari semua pihak. Mari bersama sama kita ciptakan pasar yang ramai dan tertata rapi sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi para pedagang dan pembeli kedepannya.”ungkap Camat Ciputat.

Sementara itu,  Maya Mardiana Kepala Dinas Industri Perdagangan ( Disperindag)  Kota Tangerang Selatan ditemui media usai sosialisasi menjelaskan sesuai RPJMD Walikota maka Revitalisasi pasar dilakukan oleh Dinas Bangunan Tangerang Selatan untuk penataan para pedagang yang lebih baik lagi kedepannya.

“Untuk kelancaran revitalisasi diperlukan relokasi pasar dan Plaza Ciputat menjadi pertimbangan karena lokasi dekat ; mampu menampung semua pedagang pasar yang terkena relokasi; dan memenuhi protokol covid .”jelasnya.

Maya Mardiana menambahkan, bersama Camat Ciputat telah melakukan survey lapangan ke Plaza Ciputat,  dilihat secara keseluruhan dan luasannya sangat cocok untuk menampung jumlah pedagang seluruhnya di Plaza Ciputat ini.

” Untuk proses pemindahan (relokasi) dapat dilakukan mulai Juni 2020 secara bertahap dengan penempatan di Plaza Ciputat. Untuk Revitaliasai ini sesuai Pepres Pengadaan Barang Jasa Nomor 16/2018 dan Peraturan LKPP Nomor 12/2018 pada Anggaran Perubahan 2020 ,”jelas Kepala Disperindag Tangerang Selatan tersebut.

Baca juga :   Dandim 0506/Tgr Tinjau TPA Cipeucang Kota Tangsel

“Saya pastikan bahwa sewa tempat direlokasi “Gratis”, tidak dibebankan kepada para pedagang, kita berikan subsidi kepada para Pedagang agar tidak menambah beban mereka. Para pedagang hanya dikenakan biaya distribusi seperti biasa dijalani para pedagang ditempatnya yang lama.”tegas Maya Mardiana.

Ditambahkannya, bahwa sosialisasi dilakukan secara bertahap untuk menampung masukan dari para perwakilan para pedagang.  Sosialisasi untuk menyatukan persepsi dan diperlukan kerjasama semua pihak sehingga saat pelaksanaan revitaliasi dapat berjalan aman dan lancar.

“Tadi ada beberapa pedagang sudah menyampaikan masukan terkait pelaksanaan relokasi. Prinsipnya, pedagang dapat menerima dengan bijak.”ujar Maya Mardiana.

“Alhamdulillah, pelaksanaan sosialisasi sangat interaktif, ya sebagian ada yang menerima ada juga yang keberatan, karena mungkin sudah ada yang punya langganan atau tempat sudah bagus,” katanya.

“Nanti di saat pelaksanaan relokasi, tidak serta merta secara keseluruhan tetapi dilakukan secara bertahap sesuai timeline yang kita sampaikan kepada para pedagang.”jelasnya.

“Kalau kita tata sembarang tempat, pedagang akan rugi karena kehilangan pelanggan. Maka itu kami tidak bisa menentukan sembarangan dan harus dilakukan bertahap sehingga para pedagang yang ditetapkan semuanya sudah menempati tempat yang telah dipersiapkan sesuai jenis dagangannya,” paparnya.

Baca juga :   Anggota Koramil 04/Cikupa Bersama Polsek Cikupa Siaga Satu PAM di Posko Citra Raya

Tentunya dalam penempatan pedagang,  Tim yang dibentuk akan memisahkan pedagang yang menjual bahan dengan pedagang yang menjual bahanl kering dan basah.

Kepala Disperindag Tangerang Selatan menjelaskan, kios tersedia untuk relokasi para pedagang sebanyak 38 Unit,  dan  jumlah lapak yang tersedia sebanyak 116 unit. Untuk lantai 1  nantinya diperuntukkan pedagang fashion pakaian,  sembako, aksesoris, obat dan kosmetik.  Sedangkan lapak Lantai 1 diperuntukkan untuk pedagang fashion pakaian,  aksesoris, obat dan kosmetik.

Lapak di lantai II tersedia sebanyak 222 Unit dan. Lapak lantai nantinya diperuntukan pedagang fashion pakaian,  aksesoris  obat dan kosmetik masing – masing ukurannya 2 meter x 1.5 meter.  Demikian juga untuk pedagang jenis lainnya semua akan ditata dan diatur sehingga terlihat rapi. “terangnya.

Sedangkan H.Endang Kepala Pasar Ciputat kepada media mengatakan,  kita siap menjalankan apa yang menjadi program pemerintah Kota Tangerang Selatan. “Ini khan demi kebaikan kita semua,  termasuk para pedagang yang kedepannya dapat berdagang ditempat yang lebih baik.,”terangnya.

“Sejauh program itu dapat memfasilitasi dan mengayomi para pedagang untuk berdagang ditempat yang layak, kami siap mendukung program relokasin dan revitalisasi tersebut. “ujarnya.  (vr5/* Lingga)

About admin

Check Also

Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Satgas Yonif 403/WP Bersama Masyarakat Bersihkan dan Rapihkan Lingkungan Sekolah di Perbatasan Papua

Viralreporter5.com, Keerom – Dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Kalimo …