oleh

The Global Fund Country Team Tinjau Langsung Penanganan TB-RO Di RSUD Kota Tangerang

-Kesehatan-465 views

Viralreporter5.com, Kota Tangerang –The Global Fund Country Team In-country Mission melakukan kunjungan lapangan ke RSUD Kota Tangerang untuk melihat layanan TCM, layanan satelit PMDT, jejaring dengan komunitas, termasuk alur pasien dan penggunaan sistem informasi (SITB dan SITK).

Kehadiran The Global Fund beserta Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang disambut langsung oleh Direktur Utama RSUD Kota Tangerang Jl. Masjid Al-Hidayah, RT.00S/RW.003, Klp. Indah, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (17/05/2022).

Tim Global Fund Country team dipimpin oleh Dr. Agnes Dzokoto, bersama 4 rekannya, meninjau langsung penanganan penyakit Tuberkulosis (TB/TBC) di Puskesmas dan RSUD Kota Tangerang yang diawali kunjungan ke Puskesmas dan dilanjutkan menuju RSUD Kota Tangerang sebagai rumah sakit rujukan penanganan penyakit Tuberkulosis. Dalam kunjungan di RSUD Kota Tangerang, Tim global Fund juga meninjau Klinik Akasia, ruang diagnosis TB dan laboratorium TB yang memberikan pelayanan TB resisten (Multi Drugs Resistance/MDR).

Rombongan juga berdialog dengan Dirut RSUD Kota Tangerang, dokter spesialis paru, perawat, dan analis terkait tingkat layanan pengobatan TB RO, untuk mengetahui secara langsung sejauh mana dampak dari pendanaan Global Fund termasuk fasilitas kesehatan dan pemanfaatannya, serta melihat potensi usaha atau proyek baru yang akan didukung oleh komitmen pendanaan berikutnya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama, RSUD Kota Tangerang O.U Taty Damayanti menyampaikan, terimakasih atas kunjungan Tim Global Fund, beserta Kementerian Kesehatan RI, Dinkes Provinsi Banten dan Dinkes Kota Tangerang dalam rangka meninjau dan melihat langsung tingkat pelayanan dan penanganan terhadap pasien Tuberkulosis Resisten Obat (TB-RO) di RSUD Kota Tangerang.

Dijelaskannya bahwa RSUD Kota Tangerang adalah rumah sakit rujukan yang pertama dalam penanganan pasien Tuberkulosis Resistensi Obat dimana RSUD Kota Tangerang yang pertama memilki gedung yang diberi nama Klinik TBRO atau Klinik Akasia.