oleh

Tingkatkan Kualitas dan Kemampuan Babinsa Dalam Tugas Teritorial

-TNI-16 views

Viralreporter5.com, Tigaraksa – Kodim 0510/Tigaraksa menggelar Pembinaan Kesiapan Aparatur Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Binsiap Apwil dan Puanter Semester II TA 2022. Kegiatan tersebut di Buka Oleh Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Inf Hendrik Sudrajat yang mewakili Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB.

Dalam pembukaan di Aula Makodim tersebut Kasdim menyatakan Babinsa wajib mempunyai buku pintar untuk mendata berapa warga yang baru lahir dan berapa yang meninggal dunia Babinsa harus tau data tersebut.

Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh Syarief SB melalui Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Inf Hendrik Sudrajat, Kamis (15/09/2022) menjelaskan, dilaksanakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme individu Prajurit khususnya Kodim 0510/Tigaraksa dalam berkemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.

“Babinsa harus menguasai wilayahnya masing – masing untuk sistem pertahanan semesta merupakan strategi pertahanan Negara Indonesia yang didukung oleh komponen cadangan dan pendukung utama,” ujarnya.

“Komponen utama yang diperankan oleh TNI khususnya dengan menggelar Komando wilayah (Satuan Kowil) untuk menyelenggarakan pemberdayaan wilayah sesuai dengan amanat UU RI Nomor 34 tahun 2004 pasal 8 menyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial,” katanya lagi.

Menurutnya, TNI AD sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia dituntut untuk dapat memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

“Hal ini yang menyebabkan TNI AD harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tersebut, dimana salah satu dari peran satuan teritorial adalah menciptakan kekuatan kewilayahan yang dapat diandalkan, sehingga secara nyata tercipta daya tangkal yang tangguh,” kata Kasdim.

Pada kesempatan ini juga memberikan penekanan tentang Jati diri TNI, selain sebagai Tentara Profesional merangkap juga sebagai Tentara pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Rakyat.(@2022)