Wow Keren…Program Dana Duka Bagi Warga Tidak Mampu Di Kota Tangerang Selatan, Sebesar 4 Juta Sudah Bisa Diusulkan

Tangerang Selatan – viralreporter5.com | Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah mengeluarkan kebijakan Peraturan Walikota (Perwal)  Kota Tangerang Selatan No 23 Tahun 2019, prihal uang duka terhadap masyarakat tidak mampu yang terkena musibah meninggal dunia. Dana bantuan sosial tidak terencana ditetapkan sebesar Rp 4.000.000 (empat juta rupiah) bersumber dari Dana APBD Kota Tangerang Selatan.

Hal ini disampaikan oleh H.Salbini, SH.M.Si Kabid Perlindungan dan Jaminan sosial Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan saat ditemui media di ruang kerjanya, Jum’at (28/02/20).

Untuk saat ini, kata H Salbini,  bantuan sosial uang duka sudah bisa diusulkan khususnya bagi penerima yang merupakan warga pra sejahtera yang memiliki SKTM.

“Program ini untuk meringankan beban bagi ahli waris, terutama yang sudah ditinggal oleh sanak keluarganya yang meninggal dunia . Ini bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada masyaraka, khususnya keluarga yang katagori tidak mampu,”jelasnya.

Ada aturan dan persyaratan yang harus diperhatikan dalam penyaluran bantuan duka berdasarkan Perwal yang dikeluarkan, yaitu:
1. Fotocopy Akte Kematian yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan .
2. Surat Keterangan Kematian dari Lurah.
3. KTP Asli dari Orang Meninggal / Surat Keterangan Domisili dari Lurah, diketahui oleh Camat setempat .
4. Fotocopy Kartu Keluarga ( KK ) Penerima Santunan.
5. Surat Keterangan Asli Ahli Waris dari Lurah diketahui oleh Camat se tempat .
6. Surat Laporan dari Kepolisian atau Surat Keterangan dari Rumah Sakit bila Meninggal Dunia akibat Kecelakaan .
7. Bagi anak yang baru lahir , Cukup Surat Keterangan Lahir dari Bidan dan Fotocopy dari Orang Tua yang diketahui oleh Camat se tempat .
8. Warga Tangerang Selatan yang Meninggal Dunia (diluar Wilayah Tangerang Selatan) dapat melampiri Surat Keterangan Lurah / Kades mengetahui Camat setempat.

Selain itu, kriteria yang tidak diberikam Dana Santunan apabila masyarakat yang meninggal dunia diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung seperti,
1. Bunuh diri atau Usaha mencederai diri .
2. Penggunaan Narkotika, Minuman Keras dan sejenisnya .
3. Ikut dalam kegiatan huru hara , tawuran dan sejenisnya .
3. Terkena Radiasi , Kontaminasi dan Radio Aktif .
4. Bencana Alam yang ditetapkan sebagai Bencana Nasional.

“Tentunya semua persyaratan yang ditentukan harus dilengkapi, yang akan disesuaikan dengan Basis Data Terpadu (BDT) yang sudah ada di Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan.”katanya.

Sedangkan pencairan dana, jelas H Salbini,  akan dilakukan setelah tahapan validasi data dan verifikasi. Prosesnya paling lama 30 hari kerja sejak kelengkapan berkas masuk. Dana akan ditransfer oleh BPKAD ke nomor rekening penerima/ahli waris.

“Tidak ada potongan sepeserpun, dan biaya lainnya tidak ada. Seutuhnya diterima ahli waris.  Jangan coba-coba memotong dana yang menjadi hak ahli waris. Itu Dosa Besar, “tegas H Salbini, SH, M.Si

“Jadi sekali lagi, saya sampaikan bahwa Dinsos Tangsel hanya sebatas fasilitator dan bukan yang mencairkan dana santunan tersebut, “tungkasnya.

Apresiasi Warga

Sementara itu, Bapak Arif Ketua RW 05 Pisangan Cirendeu yang saat itu tengah mengurus salah satu warganya yang meninggal dunia,  mengungkapkan sangat terbantu dengan adanya program Santunan Kematian Untuk Warga Miskin yang sebesar 4 juta rupiah.

“Alhamdulillah, adanya dana duka ini, memberikan manfaat positif kepada ahli waris. “ujarnya.

Diceritakannya, awalnya saya ragu – ragu, apa bener informasi yang saya terima bahwa ada  santunan duka tersebut.  Setelah bertemu dengan Bapak H Sarbini dan juga stafnya, ternyata, memang bener ada.

“Alhamdulillah, proses pelayanan sangat singkat, cepat dan tidak serumit yang kita bayangkan. Kita juga diberikan penjelasan terkait program ini dan alur proses kelengkapan data hingga masa pencairan dana duka tersebut,”Tuturnya

“Saya mengucapkan banyak terima kasih, dan sangat apresiasi khususnya kepada pemerintah Kota Tangerang Selatan. Melalui program ini tentunya sangat membantu dan bermanfaat bagi ahli waris terlebih bagi warga yang tidak mampu.”ujarnya. (vr5* Lingga)

Check Also

Dirbinmas Bersama Kasubdit Bin Polmas PMJ Pantau Wilayah Pademangan Jakarta Utara

Jakarta Utara, viralreporter5.com | Kegiatan rutin Dirbinmas dan Kasubdit Bin Polmas, dengan melakukan pemantauan Kampung …