oleh

Ziarah Dan Tabur Bunga Di TMP, Dandim 0105/Abar : Semangat Pahlawan Ditransformasikan Kepada Generasi Muda

-TNI-121 views

Viralreporter5.com, Aceh Barat – Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dampingi rombongan Kasrem 012/TU Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd., dalam Upacara Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan sebagai rangkaian Peringatan Hari Juang Kartika TNl AD yang digelar di TMP Desa Rundeng Lama Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (14/12/2021)

Prosesi Upacara Ziarah ini dihadiri oleh Kasrem 012/TU Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd., Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., Danyonif 116/GS Letkol lnf Khadirman Gultom, S.l.P., Wadan Denpom lM/2 Mayor CPM Faisal, S.E., Para Kabalak, Kasi, Pasi, Disjan Kajaran Korem 012/TU dan Perwira Jajaran Kodim 0105/Abar.

Secara global, Upacara kali ini berjalan khidmat dan mengedepankan Protokol Kesehatan begitu ketat.

Kegiatan diawali dengan Penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan, dilanjutkan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan penaburan bunga di Pusara – Pusara para Pahlawan.

Sebagai Pimpinan Upacara, Kasrem 012/TU mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian menyambut Hari Juang Kartika TNl AD yang diperingati pada tanggal 15 Desember setiap tahunnya.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya. Sudah sepantasnya Kita yang masih hidup untuk menghargai dan menghormatinya. Gambarannya adalah, para Pahlawan rela mengorbankan darah bahkan nyawanya untuk kemerdekaan Negara lndonesia. Dan ini sangat mahal, tanpa peran Mereka tentunya negara Kita tidak akan sebesar ini”, beber Kasrem

Kasrem berharap, setidaknya kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi generasi penerus bangsa untuk kiranya dapat meneladani nilai – nilai perjuangan dan semangat para Pahlawan terdahulu. Perjuangan Pahlawan hendaknya bisa menjadi acuan semangat yang terus menginspirasi kaula muda untuk membangun negeri.

Usai pelaksanaan Upacara, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera mengatakan, kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati Hari Juang TNl AD sebagai penghormatan dan mengenang Pertempuran Ambarawa. Yang mana peristiwa Palagan Ambarawa merupakan simbol Kemanunggalan TNl AD dengan Rakyat.

“Berangkat dari momen tersebutlah, Upacara Ziarah dan tabur bunga ini dilakukan. Maknanya sangatlah dalam, sebab sebagai generasi penerus sudah selayaknyalah Kita untuk memberikan Penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendharma baktikan jiwa raganya di atas kepentingan nusa dan bangsa”, ucap Dandim menimpali

Melalui momentum ini, Dandim juga mengajak kepada seluruh anak negeri untuk menggali nilai – nilai sejarah lebih dalam lagi dan kemudian bisa mentransformasikannya kepada generasi penerus bangsa. Sehingga, sejarah tidak akan pernah hilang dikikis zaman. (vr5@2021)